Sukses

Saham Coinbase Cetak Kinerja Terburuk Dampak Robohnya Pasar Kripto

Selain tekanan makro, jika dilihat secara historis memang menguntungkan untuk kripto. Menurut CoinGlass, September secara historis merupakan bulan perdagangan yang sulit untuk aset kripto, dengan Bitcoin mencatat kerugian rata-rata 4,8%.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan pertukaran mata uang kripto Coinbase (COIN) baru saja mengakhiri minggu terburuknya pada tahun ini. Kinerja COIN ambruk setelah saham perusahaan Penambang Bitcoin Marathon Digital (MARA) anjlok 20%.

Sekeranjang saham -saham yang terkait kripto yang dilacak oleh Schwab juga mengalami tekanan dan turun ke level terendah sejak Februari 2024.

Mengutip CNBC, Sabtu (7/9/2024), aksi jual saham di seluruh industri kripto ini mencerminkan meningkatnya kekhawatiran tentang kesehatan ekonomi Amerika Serikat (AS) dan mengikuti penurunan harga Bitcoin, Ethereum dan aset berisiko lainnya.

Indeks saham Nasdaq yang berisikan saham-saham teknologi merosot 5,8% selama seminggu ini dan membukukan kinerja terburuknya sejak Januari 2022.

Selain tekanan makro, jika dilihat secara historis memang menguntungkan untuk kripto. Menurut CoinGlass, September secara historis merupakan bulan perdagangan yang sulit untuk aset kripto, dengan Bitcoin mencatat kerugian rata-rata 4,8%.

Indeks Ketakutan & Keserakahan Kripto, pengukur sentimen pasar kripto, berada di zona "Ketakutan Ekstrem", yang menunjukkan bahwa investor khawatir tentang pergerakan harga.

Bitcoin merosot ke level terendah sejak Februari, turun 4% dalam 24 jam terakhir menjadi sekitar USD 54.000.

Dalam pekan perdagangan yang lebih singkat karena ada hari libur, pada Selasa berlangusng aksi jual paling tajam di pasar yang lebih luas setelah data manufaktur yang lemah memicu kekhawatiran akan perlambatan ekonomi.

Total kapitalisasi pasar kripto turun hampir 30% dari puncaknya di tahun 2024 sebesar USD 2,67 triliun, dan sekarang mencapai USD 1,9 triliun.

Altcoin seperti token SOL milik Solana, XRP, dan ADA milik Cardano semuanya turun lebih dari 8% dalam seminggu terakhir.

Ether, mata uang kripto terbesar kedua di dunia, anjlok 12% menjadi sekitar USD 2.200.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harga Kripto Hari Ini 7 September 2024 Tumbang Bareng-bareng

Harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya terpantau alami pergerakan yang seragam pada Sabtu (7/9/2024). Mayoritas kripto jajaran teratas terpantau terbakar dalam tujuh hari terakhir atau dalam hitungan sepekan.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) kembali melemah. Bitcoin anjlok 3,32 persen dalam 24 jam dan 9,40 persen dalam sepekan.

Saat ini, harga Bitcoin berada di level 833,90 juta. Kapitalisasi pasar Bitcoin menyentuh Rp 16.474 triliun.

Tak berbeda dengan Bitcoin, Ethereum (ETH) juga masih melemah. ETH merosot 5,25 persen sehari terakhir dan 11,99 persen sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level Rp 34,54 juta per koin.

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) masih melemah. Dalam 24 jam terakhir BNB terkoreksi 2,25 persen dan 9,42 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga Rp 7,55 juta per koin.

Kemudian Cardano (ADA) juga ikut terbakar padahal pada perdagangan kemarin masih menghijau. ADA melemah 2,25 persen dalam 24 jam terakhir, sedangkan dalam sepekan, ADA merosot 9,48 persen. Dengan begitu, ADA berada pada level Rp 4.885 per koin.

Adapun Solana (SOL) juga melemah. SOL ambles 2,77 persen dalam sehari dan 10,10 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level Rp 1,93 juta per koin.

 

3 dari 3 halaman

Koin Lainnya

XRP terpantau masih berada di zona merah. XRP merosot 2,94 persen dalam 24 jam dan 8,07 persen sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga Rp 8.094 per koin.

Koin Meme Dogecoin (DOGE) juga ikut tertekan. Dalam satu hari terakhir DOGE turun dalam 5,97 persen, dan turun 10,03 persen sepekan. Ini membuat DOGE diperdagangkan di level Rp 1.420 per token.

Harga kripto hari ini yakni Stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC) sama-sama menguat 0,33 persen. Hal tersebut membuat harga keduanya masih bertahan di level Rp 15.545 per koin

Adapun untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto hari ini berada di level Rp 29.400 triliun, melemah sekitar 3,23 persen dalam sehari terakhir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini