Sukses

Kapitalisasi Pasar Kripto Bertema Politik Anjlok hingga Rp 6,4 Triliun

Koin maga (TRUMP) diperdagangkan dengan harga USD 14,42 per koin, tetapi turun menjadi USD 3,04. Constitutiondao (PEOPLE) berada pada harga USD 0,11 per token pada awal Juni dan sekarang diperdagangkan pada harga USD 0,052.

Liputan6.com, Jakarta - Aset kripto bertema politik telah meroket selama tiga bulan terakhir, bahkan menjelang pemilu AS. Data dari tanggal 3 Juni 2024 menunjukkan ekonomi kripto politik bernilai USD 875 juta atau setara Rp 13,4 triliun (asumsi kurs Rp 15.412 per dolar AS).

Dilansir dari Bitcoin.com, Senin (9/9/2024), tren positif ini telah terhenti, menjelang pemilu AS, token meme politik teratas berdasarkan kapitalisasi pasar telah kehilangan total USD 420 juta atau setara Rp 6,4 triliun dalam 96 hari terakhir. 

Koin maga (TRUMP) diperdagangkan dengan harga USD 14,42 per koin, tetapi turun menjadi USD 3,04. Constitutiondao (PEOPLE) berada pada harga USD 0,11 per token pada awal Juni dan sekarang diperdagangkan pada harga USD 0,052.

Selain itu banyak pergeseran dan munculnya token politik baru, seperti token meme jeo (BODEN), yang anjlok setelah Presiden Joe Biden mengumumkan ia tidak akan mencalonkan diri kembali pada 2024.

Hal ini menjadi menarik untuk melihat apa yang terjadi setelah pemilihan umum di AS pada 5 November 2024 dengan koin-koin ini dan komunitas politik setelah keputusan besar tersebut.

Dengan sumbangan besar-besaran kepada kandidat tertentu, ledakan taruhan Polymarket, dan munculnya koin meme politik, politik AS telah menjadi tren dunia kripto.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Koleksi NFT Keempat Donald Trump Sudah Terjual Rp 33,4 Miliar

Sebelumnya, Koleksi Non Fungible Token (NFT) mantan presiden AS dan kandidat presiden saat ini, Donald Trump, tengah menjadi perbincangan hangat di pasar kripto. Diluncurkan pada 27 Agustus, koleksi keempat NFT Trump telah mencapai lebih dari 22.000 penjualan melalui jaringan Polygon hanya dalam satu hari.

Dilansir dari Coinmarketcap, Jumat (30/8/2024), penjualan luar biasa melalui jaringan Polygon mencapai USD 2,17 juta atau setara Rp 33,4 miliar (asumsi kurs Rp 15.464 per dolar AS), dengan setiap NFT dihargai USD 99.

Penjualan awal hanya mencapai 6% dari total 360.000 NFT. Dengan NFT yang belum dirilis di pasar sekunder, yang ditunda hingga 2025, seluruh koleksi memiliki potensi pendapatan sebesar USD 35 juta.

Donald Trump sebelumnya mengumumkan di platform Truth Social miliknya pada Selasa perilisan seri keempat kartu perdagangan digitalnya, berjudul "The America First Collection." Ia menyatakan seri baru non-fungible token (NFT) diluncurkan karena permintaan populer.

 

3 dari 3 halaman

Sepotong Setelan

Koleksi tersebut mencakup 50 kartu perdagangan digital yang unik. Dalam sebuah video promosi, Trump menjelaskan kartu-kartu ini memperlihatkan dirinya yang sedang menari dan bahkan saya memegang beberapa bitcoin.

Donald Trump menjelaskan pembelian 15 atau lebih kartu perdagangan digital disertai dengan keuntungan tambahan kartu fisik akan dikirimkan kepada pembeli, setiap kartu berisi sepotong setelan yang dikenakannya selama debat presiden Juni dengan Joe Biden, yang disebut oleh beberapa penggemar sebagai setelan yang memukau.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini