Sukses

Perusahaan Listrik di Jepang Jajaki Bisnis Penambangan Bitcoin

Anak perusahaan Tokyo Electric Power Company Holdings, Agile Energy X telah mulai menjajaki penambangan Bitcoin dengan bantuan energi hijau

Liputan6.com, Jakarta Anak perusahaan Tokyo Electric Power Company Holdings, Agile Energy X telah mulai menjajaki penambangan Bitcoin dengan bantuan energi hijau. Perusahaan tersebut telah menyiapkan peralatan penambangan di prefektur Tochigi dan Gunma. 

Dilansir dari Coinmarketcap, Rabu (11/9/2024), perusahaan tersebut berfokus pada lokasi-lokasi yang memungkinkan pemanfaatan energi terbarukan yang berlebih. 

Kyushu, pulau utama paling barat daya negara tersebut, sering kali harus berhadapan dengan listrik yang belum dimanfaatkan yang dihasilkan dari sumber-sumber energi yang belum dimanfaatkan. 

Menurut laporan 2021 oleh The Mainichi, kapasitas pembangkit yang setara dengan beberapa reaktor nuklir dapat terbuang sia-sia dalam sehari. Kontrol produksi mengharuskan perusahaan pembangkit untuk berhenti memproduksi output tambahan selama periode permintaan menurun. Ini berarti mereka harus membuang kelebihan listrik.

Wilayah Jepang Lainnya

Wilayah Jepang lainnya, seperti Shikoku dan Hokkaido, juga menghadapi masalah serupa. Tahun lalu, sebanyak 1.920 gigawatt-jam daya terpengaruh oleh kontrol output, menurut The Asahi Shimbun.

Mungkin saja untuk menambang Bitcoin senilai hingga USD 2,5 miliar atau setara Rp 38,5 triliun per tahun dengan memanfaatkan 10 persen dari daya yang terbuang.

Untuk saat ini, batu bara tetap menjadi bagian penting dari bauran energi Jepang. Namun, dengan transisi bertahap ke energi terbarukan, jumlah daya yang terbuang diperkirakan akan meningkat.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Listrik adalah daya atau kekuatan yang dapat digunakan untuk menghasilkan panas, cahaya, atau untuk menjalankan suatu mesin.

    Listrik

  • Aset kripto digunakan sebagai investasi komoditi yang dapat diperdagangkan di bursa berjangka.

    Kripto

  • Bitcoin seperti emas digital yang menawarkan dua pilihan yaitu sebagai alat investasi dan pembayaran.

    Bitcoin

  • Jepang adalah negara yang disebut sebagai negara kepulauan karena memiliki lebih dari 6000 pulau disekitarnya.
    Jepang adalah negara yang disebut sebagai negara kepulauan karena memiliki lebih dari 6000 pulau disekitarnya.

    Jepang

  • energi terbarukan

Video Terkini