Sukses

Awas, Bitcoin Bakal Tertekan Usai The Fed Pangkas Suku Bunga

Analis Bitfinex memprediksi suku bunga The Fed selanjutnya dapat menyebabkan lebih banyak volatilitas harga untuk Bitcoin.

Liputan6.com, Jakarta Bitcoin (BTC) diprediksi menghadapi tekanan penurunan lebih lanjut menjelang keputusan suku bunga Federal Reserve pada 18 September mendatang.

Mengutip Cointelegraph, Rabu (18/9/2024) analis Bitfinex memprediksi bahwa keputusan suku bunga The Fed yang akan datang dapat menyebabkan lebih banyak volatilitas harga untuk Bitcoin.

"Tergantung pada apakah pemotongan suku bunga adalah 25 basis poin atau 50 basis poin, perilaku pasar dapat berayun antara optimisme bullish dan pengurangan risiko yang hati-hati sebagai respons terhadap penyesuaian ekonomi makro utama. Volatilitas yang diharapkan ini mungkin tercermin dalam aliran di seluruh ETF dan pasar abadi, yang kemungkinan akan menunjukkan peningkatan fluktuasi," ungkap analis di Bitfinex.

Kini banyak analis yang semakin menyerukan terobosan Bitcoin pada bulan Oktober mendatang. yang dapat dikatalisasi oleh pemotongan suku bunga Fed.

Harga Bitcoin sebelumnya sempat pulih di atas level USD 60.000 pada 14 September 2024 untuk pertama kalinya sejak 30 Agustus, tetapi kehilangan level support utama pada hari yang sama.

Namun, pergerakan harga Bitcoin baru-baru ini menunjukkan bahwa token tersebut mencapai titik terendah di sekitar USD 52.000, jelas analis Bitfinex.

"Pandangan kami sebelumnya bahwa penurunan harga Bitcoin ke USD 52.756 pada 6 September mungkin merupakan titik terendah lokal yang potensial telah dibuktikan. Harga kemudian meningkat lebih dari 15 persen, didukung oleh peningkatan signifikan dalam arus masuk bersih Bitcoin ETF sebesar USD 403,9 juta selama seminggu terakhir," jelasnya.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Analis Ramal The Fed Pangkas Suku Bunga Hanya 25 Basis Poin

Analis Bitfinex sebelumnya menyerukan koreksi Bitcoin ke level terendah USD 50.000, yang dapat menjadi titik kritis bagi pasar menjelang pemotongan suku bunga berikutnya.

Menurut data terbaru dari alat CME FedWatch, kini terdapat peluang penurunan suku bunga The Fed sebesar 25 basis poin hingga 33%, sementara peluang penurunan suku bunga sebesar 50 basis poin berada di angka 67%.

Meskipun taruhan pada penurunan suku bunga yang lebih besar semakin meningkat, analis Bitfinex melihat penurunan suku bunga sebesar 25 basis poin lebih mungkin terjadi. 

"Ada inflasi inti yang sedikit lebih kuat, yang kami yakini akan membuat Fed lebih berhati-hati tentang penurunan suku bunga, dan kami memperkirakan penurunan yang lebih kecil sebesar 25 basis poin, daripada penurunan yang lebih agresif sebesar 50 basis poin," bebernya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.