Sukses

The Fed Pangkas Suku Bunga, Harga Bitcoin Tembus Rp 954 Juta

Trader Tokocrypto, Fyqieh Fachrur menuturkan, harga bitcoin yang naik 3 persen setelah keputusan suku bunga the Fed mencerminkan sentimen positif investor.

Liputan6.com, Jakarta - Bank Sentral Amerika Serikat (AS), the Federal Reserve atau The Fed resmi memangkas suku bunga sebesar 50 basis poin (bsp). Pemangkasan ini langsung berdampak pada harga kripto.

Tercatat, harga Bitcoin (BTC) bahkan melinjak hingga USD 62.000 atau sekitar Rp 954 juta setelah pemangkasan suku bunga AS tersebut.

Pemangkasan suku bunga acuan ini disambut positif oleh pasar, baik saham maupun kripto, yang mengalami kenaikan langsung setelah keputusan diumumkan. Ekuitas AS naik dengan indeks Nasdaq dan S&P 500 mencatat kenaikan antara 0,6-0,8 persen, sementara Bitcoin mengalami lonjakan lebih dari 2 persen ke USD 62.000.

"Pemangkasan suku bunga oleh The Fed memunculkan harapan bahwa kebijakan moneter yang lebih longgar akan mendorong lebih banyak investasi ke aset berisiko, termasuk kripto," ujar Trader Tokocrypto, Fyqieh Fachrur dalam keterangannya, Jumat (20/9/2024).

"Dengan suku bunga yang lebih rendah, investor cenderung mencari alternatif yang lebih menguntungkan seperti Bitcoin untuk melindungi nilai aset mereka," ia menambahkan.

Fyqieh juga menambahkan volatilitas yang dialami Bitcoin setelah pengumuman The Fed adalah wajar. Lantaran, para pelaku pasar juga melakukan aksi ambil untung, untuk menutup kerugian investasi mereka sebelumnya.

"Pergerakan harga Bitcoin yang melonjak hingga 3 persen setelah keputusan suku bunga ini mencerminkan sentimen positif investor terhadap kebijakan tersebut. Namun, koreksi yang terjadi kemudian menunjukkan pasar masih mencari stabilitas di tengah ketidakpastian yang ada," bebernya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bagaimana Pasar Kripto pada Umumnya?

Pemangkasan suku bunga sebesar 50 basis poin oleh The Fed meningkatkan ekspektasi bahwa kebijakan moneter yang lebih longgar akan berlanjut hingga akhir tahun.

Ini membuka kemungkinan penurunan suku bunga dilakukan lagi sebesar 50 basis poin selama dua pertemuan FOMC berikutnya. Artinya, ada sinyal kuat likuiditas di pasar akan meningkat, yang biasanya mendorong harga aset berisiko seperti saham dan kripto.

Fyqieh mengatakan ada pandangan lebih skeptic dari dampak penurunan suku bunga AS. Dia memperingatkan bahwa pemangkasan suku bunga ada kemungkinan dapat mengganggu pasar secara global, terutama terkait dengan penyusutan selisih suku bunga antara dolar AS dan yen Jepang. Hal ini dapat memicu aksi jual besar-besaran di pasar derivatif berbasis yen yang berdampak langsung pada pasar kripto.

Namun, kata Fyqieh, pandangan ini ditentang karena melihat bahwa kebijakan The Fed membuka jalan bagi reli pasar kripto.

Sentimen positif di kalangan pelaku pasar jelas terlihat pada kenaikan saham-saham terkait kripto, seperti MicroStrategy yang naik 3,77 persen dan Coinbase yang naik 2,1 persen.

"Investor kripto, yang kerap mencari perlindungan dari ketidakpastian ekonomi, melihat langkah The Fed sebagai kesempatan untuk memperluas portofolio mereka di aset digital," pungkasnya.

3 dari 4 halaman

Harga Kripto Hari Ini 20 September 2024

Sebelumnya, harga Bitcoin dan jajaran kripto teratas lainnya terpantau bervariasi pada perdagangan Jumat pekan ini (20/9/2024). Mayoritas kripto jajaran teratas terpantau kembali menghijau.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) melejit dalam sehari terakhir dan melambung dalam sepekan. Harga Bitcoin melesat 0,61 persen dalam 24 jam terakhir. Namun, bitcoin masih mendaki 8,15 persen dalam sepekan.

Kini, harga Bitcoin berada di level USD 62.860 per koin atau setara Rp 954,33 juta (asumsi kurs dolar AS terhadap rupiah di kisaran 15.182).

Harga ethereum (ETH) juga melonjak. Harga ETH terbang 1,95 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan, harga Ethereum bertambah 3,87 persen. Dengan demikian, saat ini ETH berada di posisi USD 2.451 atau sekitar Rp 37,20 juta.

Harga Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) bergerak di zona merah. Dalam 24 jam terakhir BNB susut 0,03 persen, tetapi masih menguat 3,17 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dipatok dengan harga Rp 8,51 juta per koin.

Selanjutnya harga Solana (SOL) melejit 4,64 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga solana terbang 4,85 persen. Saat ini, harga solana berada di posisi USD 142,19.

Kemudian harga XRP terpantau bergerak di zona merah. Harga XRP susut 0,80 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan, harga XRP menguat 4,38 persen. Dengan demikian, XRP kini ditetapkan sebesar USD 0,5832.

 

4 dari 4 halaman

Harga Kripto Lainnya

Harga koin Meme Dogecoin (DOGE) memerah. Selama 24 jam terakhir DOGE merosot 0,62 persen. Harga doge naik 1,68 persen dalam  sepekan. Ini membuat DOGE diperdagangkan di level USD 0,5833.

Harga kripto hari ini seperti Stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), masing-masing melemah.Harga USDT melemah 0,03 persen dalam 24 jam terakhir. Dalam sepekan terakhir, harga USDT naik 0,01 persen.Kini harga USDT berada di posisi USD 1,00.

Harga USDC melemah 0,01 persen baik selama 24 dan sepekan terakhir. Saat ini, harga USDC berada di posisi USD 0,999.

Harga toncoin (TON) melemah 0,28 persen dalam sepekan terakhir. Sedangkan selama sepekan terakhir, harga TON naik tipis 0,12 persen. Kini, harga toncoin berada di posisi USD 5,63.

Harga Tron (TRX) melambung 1,32 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga Tron menguat 0,05 persen. Saat ini, harga Tron berada di posisi USD 0,1517.

Adapun untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto hari ini berada di level USD 2,17 triliun, naik sekitar 1,36 persen dalam sehari terakhir.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.