Sukses

Regulator Keuangan AS: Industri Kripto Penuh dengan Penipu Ulung

Masa depan mata uang kripto, salah satu masalah yang paling hangat diperdebatkan di dunia, yang tampaknya memiliki garis pemisah yang jelas antara Donald Trump dan pemerintahan Biden yang akan berakhir.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu regulator keuangan terkemuka Amerika Serikat (AS) menyebutkan bahwa industri kripto penuh dengan penipuan, penipu, dan penipu ulung. Adalah Ketua Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC), Gary Gensler, yang menyebutkan bahwa investor di seluruh dunia telah kehilangan terlalu banyak uang karena perusahaan kripto.

Sebagian besar perusahaan kripto ini membuat uang investor hilang karena mereka tidak mematuhi hukum yang coba ditegakkan oleh lembaganya. Hal ini membuat perlindungan konsumen dalam hal ini investor kripto tidak ditegakkan.

Hal ini terjadi ketika industri tersebut menghabiskan jutaan dolar AS untuk sumbangan politik, mencoba mempengaruhi hasil pemilu AS yang akan berlangsung November dengan harapan undang-undang masa depan yang lebih menguntungkan bagi industri kripto.

Selain pertarungan antara Presiden AS Donald Trump dan Kamala Harris, terdapat 435 distrik yang akan menduduki posisi di DPR untuk dipilih kembali, serta 100 kursi di Senat.

Masa depan mata uang kripto, salah satu teknologi yang paling hangat diperdebatkan di dunia, adalah masalah yang tampaknya memiliki garis pemisah yang jelas antara Donald Trump dan pemerintahan Biden yang akan berakhir. 

Trump telah merayu para penggemar kripto dengan berjanji menjadikan Amerika sebagai ibu kota kripto di planet ini, dan menciptakan cadangan bitcoin nasional yang strategis yang mirip dengan cadangan emas pemerintah AS.

Minggu ini, Donald Trump meluncurkan bisnis kripto baru bernama World Liberty Financial, dan meskipun ia tidak memberikan banyak rincian, ia berkata: "Saya pikir kripto adalah salah satu hal yang harus kita lakukan".

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perubahan Sikap Trump Terhadap Bitcoin

Ini adalah perubahan besar dari tiga tahun lalu, ketika ia menolak Bitcoin sebagai sesuatu yang tampak seperti penipuan dan ancaman terhadap dolar AS. Antusiasme Trump yang baru ditemukan ini sangat kontras dengan pemerintahan Biden, di mana Harris adalah wakil presidennya.

Gedung Putih telah memimpin tindakan keras terhadap perusahaan kripto dalam beberapa tahun terakhir.

Pada Maret, Sam Bankman-Fried, pendiri dan bos FTX dipenjara selama 25 tahun karena penipuan, setelah ia mencuri miliaran dolar AS dari pelanggan di seluruh dunia, banyak diantaranya masih berusaha mendapatkan kembali uang mereka.

Kemudian pada April, pendiri bursa kripto terbesar di dunia, Changpeng Zhao dari Binance, dijatuhi hukuman empat bulan penjara, dan perusahaan tersebut membayar denda sebesar USD 4,3 miliar (EUR 3,2 miliar).

Ia mengaku telah mengizinkan penjahat, pelaku pelecehan anak, dan teroris untuk mencuci uang di platformnya, dalam kasus yang diajukan oleh Departemen Kehakiman AS.

3 dari 4 halaman

Memperkuat Penegakan Hukum

SEC juga memiliki kasus terhadap Binance yang sedang diproses di pengadilan. Ini adalah salah satu dari 46 tindakan penegakan hukum tertinggi yang diambil oleh regulator keuangan tahun lalu terhadap perusahaan yang mencoba mengambil untung dari teknologi yang masih berkembang.

“Ini adalah bidang yang berkembang, dan hanya karena mereka mencatat aset kripto mereka pada buku besar akuntansi baru, mereka [secara keliru] mengatakan ‘kami rasa kami tidak ingin mematuhi hukum yang telah teruji waktu’,” kata Tn. Gensler.

Ia menjelaskan bahwa aturan yang memaksa perusahaan yang ingin mengumpulkan uang dari publik untuk “berbagi informasi tertentu” dengan mereka telah diberlakukan untuk melindungi investor sejak SEC didirikan. Ini terjadi pada tahun 1934, setelah kejatuhan Wall Street yang terkenal pada tahun 1929 yang menandai Depresi Besar.

“Kripto hanyalah sebagian kecil dari pasar modal AS dan dunia, tetapi dapat merusak kepercayaan yang dimiliki investor biasa terhadap pasar modal,” kata Tn. Gensler.

4 dari 4 halaman

Harapan Baru dan Pentingnya Suara Industri Menjelang Pemilu

Sementara para penggemar berpendapat bahwa kripto menawarkan cara yang cepat, murah, dan aman untuk memindahkan dana, survei oleh bank sentral AS, Federal Reserve, menemukan bahwa jumlah orang Amerika yang menggunakannya telah turun dari 12% pada tahun 2021 menjadi 7% tahun lalu.

Pertemuan baru-baru ini antara timnya dan para eksekutif industri telah mencoba membangun kepercayaan, dan memberi para bos kripto harapan akan masa depan yang lebih cerah siapapun yang menang pada bulan November. 

“Saya tidak bisa cukup menekankan betapa pentingnya hal ini, tidak hanya bagi AS, tetapi juga bagi dunia,” menurut Paul Grewal, yang merupakan kepala bagian hukum di perusahaan kripto Coinbase. Ia telah menghadiri pertemuan-pertemuan tersebut.

“AS bukan hanya pasar penting bagi kripto, tetapi juga banyak teknologi penting yang terkait dengannya telah dikembangkan di sini. Dan saya pikir sangat penting bagi kita untuk tidak melupakan fakta bahwa seluruh dunia tidak hanya menunggu AS untuk bertindak.”

 Ia menambahkan juga bahwa mengingat betapa ketatnya persaingan untuk Gedung Putih, “setiap suara akan diperhitungkan, dan suara kripto tidak terkecuali”.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.