Sukses

Harga Kripto Hari Ini 30 September 2024: XRP dan Solana Pimpin Penguatan

Harga kripto jajaran teratas bergerak di zona merah termasuk bitcoin pada Senin, 30 September 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya terpantau alami pergerakan yang beragam pada Senin (30/9/2024). Mayoritas kripto jajaran teratas terpantau kembali berada di zona merah.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) kembali melemah. Bitcoin turun tipis 0,12 persen dalam 24 jam, tetapi masih menguat 3,37 persen sepekan.

Saat ini, harga Bitcoin berada di level USD 65.590 per koin atau setara Rp 992 juta (asumsi kurs Rp 15.124 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) masih melemah. ETH turun 0,80 persen sehari terakhir, tetapi masih menguat 2,89 persen sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level Rp 40,1 juta per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) kembali melemah. Dalam 24 jam terakhir BNB turun 0,78 persen, tetapi masih menguat 1,53 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga Rp 9,01 juta per koin. 

Kemudian Cardano (ADA) masih berada di zona merah. ADA melemah 0,47 persen dalam 24 jam terakhir, tetapi masih menguat 13,13 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level Rp 6.001 per koin.

Adapun Solana (SOL) kembali menguat. SOL naik  1,05 persen dalam sehari dan 9,48 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level Rp 2,39 juta per koin. 

XRP terpantau masih berada di zona hijau. XRP tumbuh 4,47 persen dalam 24 jam dan 9,20 persen sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga Rp 9.695 per koin. 

Koin Meme Dogecoin (DOGE) kembali memerah. Dalam satu hari terakhir DOGE merosot 2,78 persen, tetapi masih menguat 17,47 persen sepekan. Ini membuat DOGE diperdagangkan di level Rp 1.87 per token.

Harga kripto hari ini stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC) sama-sama menguat, masing-masing menguat 0,01 persen. Harga keduanya masih bertahan di level USD 1,00.

Adapun untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto hari ini berada di level USD 2,31 triliun atau setara Rp 34.938 triliun, menguat sekitar 0,06 persen dalam sehari terakhir.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

AS Hukum Platform Kripto Rusia yang Terlibat Pencucian Uang

Sebelumnya, Pemerintah Amerika Serikat (AS) telah mengambil tindakan terhadap dua warga negara Rusia dan dua bursa mata uang kripto yang terkait dengan dugaan keuangan gelap Rusia. Departemen Keuangan, Kehakiman, dan Luar Negeri terlibat, bersama dengan berbagai lembaga penegak hukum luar negeri.

Jaringan Penegakan Kejahatan Keuangan (FinCEN) Departemen Keuangan mengidentifikasi PM2BTC, bursa mata uang kripto Rusia, dan Sergey Ivanov, yang terkait dengan bursa tersebut, sebagai yang menjadi perhatian utama dalam pencucian uang.

Pada saat yang sama, Kantor Pengawasan Aset Luar Negeri (OFAC) Departemen Keuangan telah menjatuhkan sanksi kepada Ivanov dan bursa kripto lainnya, Cryptex.

Dikutip dari laman Cointelegraph.com, Sabtu (28/9/2024), PM2BTC diduga memproses hasil serangan ransomware dan aktivitas gelap lainnya. Setengah dari aktivitasnya terkait dengan operasi ilegal. Menurut Chainalysis, PM2BTC berbagi infrastruktur dompet dengan UAPS (Universal Anonymous Payment System), sebuah sistem pemrosesan pembayaran bawah tanah.

Cryptex terdaftar di St. Vincent dan Grenadines tetapi beriklan dalam bahasa Rusia. Cryptex juga dikaitkan dengan lebih dari USD720 juta dalam transaksi ke layanan yang sering digunakan oleh pelaku ransomware dan penjahat dunia maya yang berbasis di Rusia, termasuk toko penipuan, layanan pencampuran, bursa yang tidak memiliki program KYC, dan bursa mata uang virtual yang ditunjuk oleh OFAC Garantex.

 

3 dari 4 halaman

Tuduhan Konspirasi

Departemen Keuangan mengakui Bagian Investigasi Siber Dinas Rahasia AS, Kepolisian Belanda, dan Dinas Intelijen dan Investigasi Fiskal Belanda karena menyita domain web dan infrastruktur yang terkait dengan PM2BTC, Cryptex, dan Ivanov. Chainalysis mengatakan bahwa pihaknya dan Tether juga berkontribusi terhadap upaya tersebut.

Adapun dalam dokumen yang dibuka di Pengadilan Distrik Virginia Timur, Ivanov didakwa dengan satu tuduhan konspirasi untuk melakukan dan membantu serta bersekongkol dalam penipuan bank sehubungan dengan situs web yang terlibat dalam "carding," atau perdagangan informasi kartu kredit curian.

Timur Shakhmametov didakwa dengan satu tuduhan konspirasi untuk melakukan dan membantu serta bersekongkol dalam penipuan bank, satu tuduhan konspirasi untuk melakukan penipuan perangkat akses, dan satu tuduhan konspirasi untuk melakukan pencucian uang sehubungan dengan operasi yang sama.

Departemen Luar Negeri menawarkan hadiah hingga USD10 juta untuk informasi yang mengarah pada penangkapan dan/atau hukuman Ivanov atau Shakhmametov.

 

 

4 dari 4 halaman

34% Investor Muda di Brazil Simpan Kripto

Sebelumnya, investor muda di Brazil menganggap mata uang kripto sebagai salah satu alat investasi favorit mereka. Hal ini terungkap dari survei yang diselenggarakan oleh Rico, sebuah platform investasi dan layanan keuangan, yang berupaya untuk menanyakan tentang perilaku investasi dari kelompok sasaran khusus ini.

Jajak pendapat, yang menanyakan tentang preferensi investasi dari 1.008 responden berusia antara 24 dan 35 tahun, menunjukkan mata uang kripto adalah investasi keempat paling populer di kalangan investor Brazil. 

Sebanyak 34,6 persen responden mengaku kripto termasuk dalam portofolio investasi mereka. Meskipun Rico menyatakan hal ini tidak dapat digeneralisasikan ke semua investor muda, hal ini tetap memberikan wawasan tentang opsi yang paling disukai untuk kelompok ini.

Analis riset Rico, Antonio Sanches, menjelaskan preferensi yang relatif rendah untuk kripto ini, meskipun visibilitasnya tinggi di pasar Brazil, berkaitan dengan aksesibilitas opsi lain seperti tabungan, yang telah hadir dalam kehidupan kaum muda sejak lama.

"Ini adalah produk yang telah lama melekat dalam kehidupan orang Brazil dan populer di bank, tempat investor perlu memiliki rekening untuk memindahkan uang setiap hari,” kata Sanches, dikutip dari Bitcoin.com, Jumat (27/9/2024).

Survei tersebut juga menemukan peningkatan taruhan yang mengkhawatirkan dalam kelompok ini, yang memperingatkan ini tidak dapat dianggap sebagai investasi karena risikonya yang melekat. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini