Sukses

Heboh Moo Deng, Nilai Kapitalisasi Pasar Koin Meme Bayi Kuda Nil Sentuh Rp 4,58 Triliun

Moo Deng, bayi kuda nil viral dari Thailand, memicu lonjakan besar dalam dunia kripto dengan token memecoin-nya yang naik 1.400% dalam seminggu.

Liputan6.com, Jakarta - Moo Deng, bayi kuda nil di Thailand, menjadi sensasi viral global dalam beberapa minggu terakhir. Bahkan beberapa orang menghasilkan banyak uang dari memecoin yang dinamai berdasarkan hewan lucu ini yang mencuri hati hanya dengan menjadi dirinya sendiri.  

Dikutip melalui Wionews, Moo Deng menjadi terkenal di internet setelah video dirinya berlari-lari, bermain, makan, tidur, dan dimandikan serta ditepuk-tepuk oleh penjaga kebun binatang menjadi viral.  

Pada Selasa, 10 September 2024,  seorang pedagang anonim yang di Solana dimulai dengan "Db3P" membeli koin meme baru yang disebut Moo Deng senilai 6 SOL. Seiring dengan semakin populernya Moo Deng dan dia menjadi meme, sebuah memecoin diluncurkan pada Rabu, 11 September 2024 di Solana, sebuah platform blockchain terdesentralisasi.

Nilai Moo Deng Token melonjak hampir 1.400 persen dalam seminggu. Pada minggu lalu, kapitalisasi pasar mencapai USD 300 juta atau sekitar Rp 4,58 triliun (asumsi kurs dolar Amerika Serikat terhadap rupiah di kisaran 15.279), menurut pengamat kripto.  

Dalam waktu 15 hari, investasi USD 800 atau sekitar Rp 12,21 juta di Moo Deng tumbuh menjadi USD 3,5 juta atau Rp 53,45 miliar, menurut data dari Arkham.

Lalu dikutip melalui Blockchain, investasi yang dilakukan pedagang tersebut empat jam setelah token diluncurkan, bernilai sekitar USD 7,5 juta atau Rp 114,5 miliar dari token Moo Deng tersebut. Kini, ada juga memecoin untuk ibu Moo Deng, Jonah, serta saudara-saudaranya, Moo Toon dan Moo Waan.

 

2 dari 4 halaman

Token Moo Deng Sentuh Harga Tertinggi Sepanjang Masa

Sebuah halaman penggemar tidak resmi di Twitter untuk Moo Deng telah mengumpulkan hampir 50.000 pengikut, yang semakin mendorong minat pada token tersebut. Dikutip melalui Decrypt yang  memeriksa data blockchain pada Jumat, 25 September 2024, menyusul kenaikan harga lebih lanjut, dan menemukan bahwa sekitar 30,2 juta token Moo Deng masih disimpan. .

Moo Deng diperdagangkan di atas USD 0,25 per token saat tulisan ini dibuat, naik 83% hanya dalam 24 jam terakhir, menurut CoinGecko. Moo Deng mencapai harga tertinggi sepanjang masa hanya 2 jam yang lalu, dan sekarang memiliki kapitalisasi pasar sebesar USD 243 juta.

3 dari 4 halaman

Seputar Moo Deng Si Bayi Kuda Nil

Terinspirasi oleh kuda nil kerdil Thailand dengan nama yang sama yang telah menjadi viral dalam beberapa minggu terakhir, nilai Moo Deng hampir dua kali lipat selama sehari terakhir dan meroket sebesar 1.300% dalam seminggu, melonjak menjadi koin meme yang sedang naik daun saat ini.

Diketahui Moo Deng lahir pada Juli 2024 di Khao Kheow Open Zoo, Si Racha, provinsi Chonburi, Thailand. Dia adalah kuda nil kerdil, spesies langka yang berasal dari Afrika Barat. Hanya ada 2.000 kuda nil kerdil yang tersisa di alam liar.  

Setelah itu videonya mulai viral di media sosial. Perusahaan-perusahaan besar juga ikut bergabung dalam euforia, dengan Microsoft, DreamWorks, dan Universal Pictures membuat serta membagikan meme di media sosial menggunakan gambar Moo Deng. Bahkan klub sepak bola Jerman, Bayern Munich, turut beraksi dengan membagikan meme reaksi Moo Deng terhadap performa mereka di Liga UEFA.

 

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

4 dari 4 halaman

Bayi Kuda Nil Viral, Moo Deng Punya Kripto Meme Coin Sendiri

Sebelumnya, bayi kuda nil bernama, Moo Deng yang viral di Internet memiliki kripto meme coin sendiri. Meskipun begitu belum jelas siapa yang menciptakan meme coin kripto bertema anak kuda nil ini. 

Dilansir dari Yahoo Finance, Selasa (1/10/2024), baru-baru ini, para spekulan kripto telah menaikkan harga meme coin itu sangat tinggi. Harga kripto Moo Deng telah naik lebih dari 1.400 persen sejak diluncurkan pada 10 September. 

Namun, harga token tersebut sudah mulai menurun. Harganya turun 8 persen pada perdagangan awal Senin dan sudah turun lebih dari 30 persen dari harga puncaknya. 

Seperti halnya memecoin lainnya, nilai Moo Deng dapat anjlok kapan saja. Seorang pedagang membeli token senilai USD 800 hanya empat jam setelah diluncurkan. Nilai tersebut setara dengan USD 7,5 juta. Begitu pembeli tersebut mulai menguangkan, nilai kripto tersebut kemungkinan akan anjlok.

Tidak Didasarkan Aset Ril

Seperti memecoin lainnya, Moo Deng tidak didasarkan pada aset riil apa pun. Meski begitu, dalam hal memecoin, Moo Deng memimpin kelompok yang paling banyak diminati saat ini. 

Harganya diperdagangkan hampir dua kali lipat dari harga Dogecoin yang dulunya sangat digemari dan jauh lebih tinggi dari Shiba Inu. Moo Deng sendiri adalah bayi kuda nil kredil telah menjadi sensasi internet dalam beberapa minggu terakhir. 

Di luar unggahan media sosial yang tak terhitung jumlahnya dan jangkauannya jauh melampaui dunia kripto.

Â