Sukses

Analis Prediksi Produk Derivatif ETF Bitcoin Bakal Diluncurkan 2025

Produk derivatif untuk opsi ETF Bitcoin diprediksi akan diluncurkan di AS pada kuartal satu 2025.

Liputan6.com, Jakarta Analis Bloomberg Intelligence James Seyffart mengatakan produk derivatif untuk opsi ETF Bitcoin diprediksi akan diluncurkan di AS pada kuartal satu 2025. Menurutnya peluncuran sebelum akhir tahun bukanlah hal yang mustahil, kuartal pertama 2025 lebih mendekati jadwal yang realistis untuk peluncuran instrumen keuangan canggih ini.

Seyffart menjelaskan jalan telah dibuka untuk opsi ETF Bitcoin, karena SEC mengizinkan Nasdaq untuk mendaftarkan opsi yang terkait dengan iShares Bitcoin Trust, IBIT, milik BlackRock pada September lalu.

Melalui kontrak opsi, investor memiliki hak untuk menjual atau membeli aset acuan pada harga tertentu. Opsi ETF Bitcoin termasuk di antara opsi mata uang kripto pertama yang terdaftar di bursa AS.

Menurutnya, pengenalan produk opsi ini dianggap lebih penting karena tujuannya untuk mengurangi risiko rekanan di pasar. Instrumen ini jauh dari tidak relevan di luar dunia mata uang kripto. 

Penasihat keuangan yang bertanggung jawab atas setengah dari aliran investasi ke pasar ETF senilai USD 9 triliun sering menggunakan perdagangan opsi untuk melindungi volatilitas pasar.

Seyffart menindaklanjutinya, dengan mengatakan ketersediaan opsi mungkin memiliki implikasi yang jauh lebih besar untuk adopsi pasar arus utama 

"Opsi pada ETF dapat membantu penasihat merasa lebih nyaman dengan ruang tersebut,” kata Seyffart, dikutip dari Yahoo Finance, Sabtu (12/10/2024).

Dia menambahkan volatilitas, dan terutama pergerakan harga ke bawah, terus menjadi penghalang terbesar bagi banyak calon investor Bitcoin institusional, dan opsi adalah salah satu cara terbaik untuk mengelola risiko tersebut.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

2 dari 2 halaman

Siap-Siap, Harga Bitcoin Bisa Tembus Rp 3 Miliar dalam 18 Bulan

Dalam wawancara baru-baru ini dengan firma riset dan pialang Bernstein, CEO CleanSpark Zach Bradford memperkirakan harga Bitcoin dapat mencapai puncaknya di bawah USD 200.000 atau setara Rp 3 miliar (asumsi kurs Rp 15.186 per dolar AS) dalam 18 bulan mendatang.

Ia mengaitkan potensi lonjakan ini dengan tren historis setelah Bitcoin dibelah dua dan faktor-faktor ekonomi makro yang diantisipasi. Bradford mencatat periode datar Bitcoin yang diperpanjang mungkin menunjukkan tren kenaikan yang berkelanjutan. 

Bradford menekankan pemilihan presiden AS yang akan datang dapat memengaruhi harga Bitcoin, yang menunjukkan penyelesaian ketidakpastian pemilu dapat meningkatkan kepercayaan pasar.

"Saya pikir kita akan mulai melihat dorongan yang berarti dalam harga bitcoin pasca-pemilu hingga Januari," kata Bradford, dikutip dari Yahoo Finance, Jumat (11/10/2024). 

Ia juga mengomentari tentang undervaluasi komparatif dari penambang Bitcoin murni, yang menunjukkan bahwa mereka saat ini diabaikan karena investor lebih menyukai perusahaan yang melakukan diversifikasi ke kecerdasan buatan (AI).

Menurut Bradford, penambang Bitcoin biasanya mengalami pengeluaran modal yang lebih rendah dan pengembalian investasi yang lebih cepat, dengan arus kas yang terealisasi dalam hitungan minggu, bukan tahun.

Bradford juga menjelaskan terkait lanskap teknologi penambangan yang terus berkembang, mengantisipasi chip baru yang dapat mencapai efisiensi 11J/TH. Pergeseran ini mungkin memerlukan transisi ke sistem pendinginan imersi untuk mengelola peningkatan intensitas daya dan pembangkitan panas.