Sukses

Pasar NFT Bergerak Sideways Sepanjang 2024, Anjlok hingga 50%

Pasar NFT terus mengalami penurunan pada tahun 2024 dengan Indeks NFT CryptoSlam 500 yang turun lebih dari 50%. Permintaan yang berkurang dan volume perdagangan yang lebih rendah telah menambah penurunan pada Ethereum, Solana, Polygon, dan Cardano.

Liputan6.com, Jakarta Pasar NFT terus mengalami penurunan pada tahun 2024 dengan Indeks NFT CryptoSlam 500 yang turun lebih dari 50%. Permintaan yang berkurang dan volume perdagangan yang lebih rendah telah menambah penurunan pada Ethereum, Solana, Polygon, dan Cardano.

Indeks NFT CryptoSlam 500, yang bertindak sebagai proksi pasar, mengalami penurunan YTD hampir 1.300 poin pada saat berita ini dikutip. Indeks tersebut menunjukkan penurunan yang stabil tahun ini karena berkurangnya permintaan, volume perdagangan yang lebih rendah, dan pergeseran minat investor.

Melansir Cryptopolitan_News, Minggu (13/10/2024), titik tertinggi untuk periode tersebut berada di atas level 2.400, dan titik terendah mendekati 1.160. Nilai pasar saat ini berada pada titik terendah dalam setahun karena NFT telah berjuang melawan sentimen bearish sejak Mei. Garis tren menunjukkan bahwa Januari hingga Maret adalah kuartal stabilisasi tetapi April menyebabkan pembalikan.

CryptoSlam ETH NFT Composite yang mengukur kinerja pasar NFT Ethereum turun 36% YTD. CryptoSlam SOL NFT Composite turun 50% YTD sementara pasar NFT di Polygon dan Cardano telah menurun masing-masing sebesar 88% dan 47%. Ini menyiratkan bahwa minat terhadap NFT memudar di seluruh rantai.

Namun, NFT CryptoPunks bersama dengan 3 koleksi Autoglyphs menduduki puncak daftar penjualan dalam 30 hari terakhir. Koleksi NFT Axie Infinity memimpin dalam hal volume penjualan sepanjang masa, dengan total volume penjualan sebesar USD 4,28 miliar di blockchain Ronin, dengan lebih dari 22,1 juta transaksi dan hampir 2,1 juta pembeli unik.

Peringkat Cryptoslam menempatkan Bored Ape Yacht Club (BAYC) di Ethereum di urutan kedua dengan penjualan sebesar USD 3,19 miliar, 43.717 transaksi, dan 6.163 pembeli unik. CryptoPunks menempati posisi ketiga dengan penjualan sebesar USD 2,9 miliar melalui 24.289 transaksi dan 2.815 pembeli di Ethereum.

 

2 dari 3 halaman

Peningkatan Singkat

Menurut Binance Research, Bitcoin Puppets dan NodeMonkes berbasis Ordinals mengalami peningkatan singkat dan bergerak melawan tren pada bulan September. Blast juga dilaporkan mengalami peningkatan bulanan sebesar 30%, kemungkinan karena aktivitas dari permainan kartu perdagangan Fantasy.top.

Selama bulan lalu, volume penjualan NFT global telah mencapai USD 330 juta setelah mengalami penurunan sebesar 44%, menurut Cryptoslam. Total transaksi NFT pada bulan lalu mencapai 6,6 juta, sekali lagi dengan penurunan sebesar 34%.

Dari jumlah tersebut, USD 37 juta dikaitkan dengan perdagangan wash dengan 80.919 transaksi wash. Kabar baiknya adalah praktik menciptakan permintaan palsu dengan memperdagangkan NFT yang sama beberapa kali melalui wash trading telah mengalami penurunan hingga 90%.

 

3 dari 3 halaman

Laba Perdagangan

Meskipun demikian, laba perdagangan keseluruhan untuk bulan tersebut telah turun hingga 34% dan mencapai -USD 17,5 juta.

Beberapa analis melihat penurunan pasar hanya sebagai akhir dari perdagangan spekulatif. Menurut GII Research, pasar NFT global diperkirakan akan tumbuh pada CAGR sebesar 30% antara tahun 2024 dan 2028.

Hal ini dapat menunjukkan bahwa seiring dengan semakin matangnya pasar, keberlanjutan NFT dan pertumbuhan dua digit tidak hanya akan bergantung pada sensasi di sekitarnya. Utilitas dapat mempengaruhi pasar yang terus bergerak maju jika harus mempertahankan tingkat pertumbuhan tahunan yang diprediksi.

  • Non-Fungible Token atau NFT adalah berkas digital yang identitas dan kepemilikannya unik diverifikasi pada rantai blok (buku besar digital)
    Non-Fungible Token atau NFT adalah berkas digital yang identitas dan kepemilikannya unik diverifikasi pada rantai blok (buku besar digital)

    NFT

  • Aset kripto digunakan sebagai investasi komoditi yang dapat diperdagangkan di bursa berjangka.

    Kripto

  • Pasar adalah tempat orang berjual beli. Namun pasar berkaitan dengan kegiatannya, bukan tempatnya.

    pasar

  • Ethereum

  • Crypto

Video Terkini