Sukses

Lebih dari Separuh Pemilih AS Mau Punya Presiden Pro-Kripto

Grayscale melakukan jajak pendapat pada pemilih AS mengenai sikap terhadap mata uang kripto.

Liputan6.com, Jakarta - Jajak pendapat yang disusun manajer Aset Kripto, Grayscale mengungkapkan bahwa lebih dari separuh pemilih di Amerika Serikat lebih cenderung memilih kandidat presiden yang pro-kripto.

Mengutip Cointelegraph, Jumat (18/10/2024) Grayscale bermitra dengan The Harris Poll, sebuah perusahaan riset pasar, untuk melakukan jajak pendapat pemilih AS mengenai sikap terhadap mata uang kripto.

"Jajak pendapat tersebut juga menemukan bahwa dua dari setiap lima orang Amerika mengatakan bahwa mereka lebih memperhatikan posisi kandidat mengenai Bitcoin sebagai aset kripto dibandingkan dengan pemilihan sebelumnya," ungkap Kepala bagian hukum Grayscale, Craig Salm, saat diwawancarai di Serious XM Business Radio.

"Jelas, jajak pendapat ini menunjukkan bahwa orang Amerika peduli apakah seorang kandidat menentang kripto," ujarnya.

Seperti diketahui, pemilihan presiden AS pada bulan November mendatang mempertemukan calon dari Partai Republik Donald Trump, yang mengatakan bahwa ia ingin menjadikan Amerika sebagai "ibu kota kripto dunia," dan pesaingnya dari Partai Demokrat, Kamala Harris, yang relatif tidak banyak membahas industri tersebut.

Tetapi Harris, yang kini masih menjabat sebagai Wakil Presiden AS dilaporkan lebih bersahabat dengan kripto dibandingkan Presiden Joe Biden, tetapi tidak pro-industri seperti saingannya dan mantan Presiden Trump, menurut Galaxy Research.

Pada 17 Oktober, Kalshi, pasar taruhan pemilu, mematok peluang Trump untuk memenangkan pemilu sebesar 57%, dibandingkan dengan 43% untuk saingannya Harris.

Petaruh di Polymarket, pasar prediksi terdesentralisasi di jaringan Polygon, bahkan lebih optimis pada Trump, mematok peluangnya menang Pilpres hingga 61% dibandingkan dengan kurang dari 38% untuk Harris.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

2 dari 2 halaman

Inflasi Memengaruhi

Menurut Salm, 30% responden jajak pendapat juga mengatakan inflasi adalah satu-satunya masalah yang paling mendesak di Amerika. Di sinilah aset seperti Bitcoin dapat memegang posisi penting.

"Mengingat Bitcoin, Ethereum, dan aset kripto lainnya dapat berfungsi sebagai lindung nilai terhadap inflasi dan penyimpan nilai. Bagi kami, tidak mengherankan mengetahui bahwa orang Amerika semakin fokus pada posisi kandidat mereka dalam kripto,” kata Salm.

Dimulai pada bulan September, Harris mulai meningkatkan permainan kripto-nya, dengan mencantumkan teknologi blockchain di antara beberapa sektor yang sedang berkembang di mana ia ingin AS "tetap dominan."

"Kami juga menemukan bahwa kripto melampaui afiliasi partai. Orang-orang suka mengatakan kripto bersifat bipartisan, tetapi kami suka mengatakan itu nonpartisan," bebernya.

Video Terkini