Sukses

Bagaimana Posisi Bitcoin di Momentum Pilpres AS? Begini Prediksi Chatbot AI

Berikut adalah beberapa prediksi harga Bitcoin dalam momentum Pilpres di AS menurut chatbot AI.

Liputan6.com, Jakarta - Pada 20 Oktober 2024, harga kripto dengan kapitalisasi terbesar, Bitcoin (BTC) menembus angka USD 69.000 atau sekitar Rp 1,07 miliar (asumsi dolar Amerika Serikat terhadap rupiah di kisaran 15.623). 

Pertumbuhan ini membuat pasar penasaran terhadap prospek Bitcoin selanjutnya, mengingat semakin dekatnya pemilihan umum AS 2024.

Dengan harga Bitcoin yang fluktuatif, beberapa chatbot Kecerdasan Buatan (AI) generatif membagikan prediksi mereka terhadap harga Bitcoin setelah pemilih di AS memutuskan untuk memilih Trump atau Harris dalam Pipres.

Berikut adalah beberapa prediksi harga Bitcoin dalam momentum Pilpres di AS menurut chatbot AI, dikutip dari News.bitcoin.com, Rabu (23/10/2024):

Pi dari Inflection AI:

Jika Donald Trump memenangkan pemilihan umum AS 2024, Inflection AI menunjukkan,. harga Bitcoin berpotensi mengalami kenaikan kecil, mencapai USD 71.500.

"Hal ini disebabkan oleh masa jabatan presiden sebelumnya yang ditandai oleh kebijakan ekonomi yang dianggap inflasioner, yang berpotensi meningkatkan daya tarik bitcoin sebagai lindung nilai terhadap inflasi," tulisnya.

Sebaliknya, jika Kamala Harris menjadi presiden AS berikutnya, harga Bitcoin diprediksi mencapai sekitar USD 67.500.

Meskipun ia telah menyatakan dukungannya terhadap inovasi teknologi, pendiriannya terhadap mata uang kripto relatif tidak diketahui, yang dapat menimbulkan ketidakpastian di pasar, Inflection AI mencatat.

Le Chat dari Mistral AI:

"Jika Donald Trump menang, pendiriannya yang pro-bisnis dan deregulasi dapat meningkatkan kepercayaan pasar dan berpotensi menaikkan harga Bitcoin. Mengingat hubungannya di masa lalu dengan optimisme pasar, Bitcoin berpotensi mencapai sekitar USD 85.000," tulis Le Chat dari Mistral AI.

Di sisi lain, jika Kamala Harris mengamankan kursi kepresidenan AS, pemerintahannya mungkin lebih fokus pada regulasi dan kebijakan sosial, yang dapat menimbulkan ketidakpastian di pasar kripto.

Dalam skenario ini, Le Chat dari Mistral AI meramal, harga Bitcoin mungkin stabil atau mengalami peningkatan yang lebih moderat, berpotensi mencapai sekitar USD 75.000.

Chatbot itu menjelaskan, "perkiraan ini didasarkan pada kondisi pasar saat ini dan sentimen politik, tetapi harga aktual dapat bervariasi secara signifikan karena faktor ekonomi global lainnya dan perkembangan teknologi di ruang kripto."

 

2 dari 4 halaman

Venice.ai

"Mengingat iklim politik dan tren pasar saat ini, saya memperkirakan bahwa jika mantan Presiden Donald Trump menang dalam pemilihan umum AS tahun 2024, harga Bitcoin berpotensi naik menjadi sekitar USD 85.000 hingga USD 90.000," ungkap Venice.ai.

Hal ini disebabkan oleh kebijakan pro-pasar dan inisiatif deregulasi yang diantisipasi yang mungkin diterapkan Trump, yang dapat meningkatkan kepercayaan investor dan masuknya modal ke pasar kripto.

Sementara itu, jika Kamala Harris terpilih sebagai presiden, Venice.ai memperkirakan harga Bitcoin dapat berkisar antara USD 75.000 hingga USD 80.000.

Hal ini karena pemerintahan Harris mungkin berfokus pada regulasi pasar kripto, yang dapat menimbulkan ketidakpastian di kalangan investor dan berpotensi mengakibatkan peningkatan nilai Bitcoin secara bertahap.

 Microsoft Co-Pilot

Adapun Microsoft Co-Pilot yang memprediksi harga Bitcoin berdasarkan hasil pemilu adalah spekulatif.

"Jika Donald Trump menang, sikapnya yang pro-kripto dapat meningkatkan harga Bitcoin menjadi sekitar USD 90.000. Sebaliknya, pendekatan Kamala Harris yang hati-hati namun mendukung mungkin membuat Bitcoin stabil di sekitar USD 75.000. Kedua skenario bergantung pada faktor ekonomi yang lebih luas dan sentimen pasar, jadi ini adalah tebakan yang matang daripada kepastian," jelasnya.

3 dari 4 halaman

Chatgpt 4o dari OpenAi

"Jika mantan Presiden Donald Trump memenangkan pemilu 2024, masuk akal jika harga bitcoin dapat mengalami kenaikan, berpotensi mencapai USD 75.000 hingga USD 80.000," kata Chatgpt 4o dari OpenAi.

Sementara itu, jika Kamala Harris memenangkan kursi kepresidenan, fokus pada peraturan yang lebih ketat dan kebijakan pajak dapat menyebabkan kehati-hatian investor, yang mungkin mendorong bitcoin ke kisaran antara $60.000 dan $65.000.

"Meskipun prediksi ini bersifat spekulatif, pelaku pasar biasanya mempertimbangkan kebijakan yang dapat memengaruhi keuntungan modal, pajak, dan peraturan pada aset digital, yang memengaruhi lintasan bitcoin pasca-pemilu," jelas Chatgpt 4o dari OpenAi.

Chatgpt 4 dari Openai

Adapun Chatgpt 4 dari Openai yang memprediksi harga Bitcoin pasca-pemilu melibatkan ketidakpastian yang cukup besar, karena dipengaruhi oleh banyak faktor ekonomi global di luar hasil politik. Namun, secara historis, pasar bereaksi terhadap stabilitas atau volatilitas yang dirasakan.

"Jika mantan Presiden Donald Trump menang, ketidakpastiannya dapat menimbulkan volatilitas, yang berpotensi meningkatkan bitcoin sebagai 'tempat berlindung yang aman'. Kemenangan Wakil Presiden Kamala Harris dapat dilihat sebagai kelanjutan dalam kebijakan, yang mungkin menstabilkan harga. Oleh karena itu, di bawah Trump, bitcoin mungkin naik ke sekitar usd 75.000, sementara di bawah Harris, mungkin berkisar sekitar USD 70.000, mendekati levelnya saat ini, dengan asumsi tidak ada pergeseran ekonomi global yang signifikan," beber Chatgpt 4 dari Openai.

4 dari 4 halaman

Usai Debat Lawan Donald Trump, Kamala Harris Dapat Guyuran USD 47 Juta

Sebelumnya, Calon Presiden Amerika Serikat (AS) yang diusung Partai Demokrat Kamala Harris mengumpulkan uang kurang lebih USD 47 juta atau Rp 723,97 miliar (kurs Rp 15.403 per dolar AS), dalam 24 jam. Dana tersebut terkumpul setelah Kamala Harris menjalani debat dengan Calon Presiden AS dari Partai Republik Donald Trump pada Selasa 10 September 2024.

Dana ini merupakan sumbangan dari berbagai donatur yang akan digunakan untuk kampanye. Hal ini diungkap oleh juru bicara tim kampanye Kamala Harris.

Dikutip dari CNBC, Jumat (13/9/2024), sumbangan yang sangat besar tersebut merupakan dorongan lain bagi operasi penggalangan dana Harris, yang telah menjadi raksasa sejak Presiden Joe Biden keluar dari persaingan dan mendukungnya sebagai presiden pada bulan Juli.

Jumlah USD 47 juta tersebut berasal dari hampir 600.000 donatur individu yang berkontribusi pada salah satu dari beberapa komite kampanye dan PAC yang mendukung pasangan Harris dan pasangannya, Tim Walz, kata tim kampanye tersebut.

Harris secara luas dianggap sebagai pemenang debat tersebut, yang diadakan di Philadelphia dan diselenggarakan oleh ABC News.

Ahli strategi Demokrat maupun Republik dan pejabat terpilih sepakat bahwa Trump membiarkan dirinya terguncang oleh gaya konfrontatif Harris dan beberapa contoh di mana moderator ABC News memeriksa fakta-faktanya secara langsung.

Angka penggalangan dana Harris terbaru menandai pukulan terbaru bagi tim kampanye Trump, yang telah tertinggal dari Harris dalam permainan penggalangan dana.

Operasi politik Harris baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka berhasil mengumpulkan USD 361 juta pada bulan Agustus, lebih dari dua kali lipat dari USD 130 juta yang dikumpulkan tim Trump pada bulan yang sama.

Berita tentang perolehan USD 47 juta Harris pertama kali dilaporkan oleh The New York Times.

 

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

Â