Sukses

Kenali Efek Samping Obat Strattera bagi Penderita ADHD

Pilihan pengobatan ADHD bisa berupa obat-obatan dan terapi perilaku. Tapi, ketahui juga tentang Strattera atau atomoxetine, termasuk potensi manfaat dan efek samping untuk ADHD.

Liputan6.com, Jakarta Pilihan pengobatan ADHD bisa berupa obat-obatan dan terapi perilaku. Tapi, ketahui juga tentang Strattera atau atomoxetine, termasuk potensi manfaat dan efek samping untuk ADHD.

Strattera (atomoxetine) adalah obat oral yang mungkin diresepkan dokter untuk mengobati attention deficit hyperactivity disorder (ADHD).

Meskipun umum terjadi pada anak-anak, ADHD sering berlanjut hingga remaja dan dewasa. Diperkirakan 8,1% orang dewasa AS berusia 18 hingga 44 tahun akan mengembangkan ADHD pada suatu saat selama masa hidup mereka.

Dilansir dari Health, pilihan pengobatan ADHD bisa berupa obat-obatan dan terapi perilaku. Tapi, ketahui juga tentang Strattera atau atomoxetine, termasuk potensi manfaat dan efek samping untuk ADHD.

Atomoxetine, juga dikenal dengan nama merek Strattera, dapat diresepkan sebagai bagian dari program pengobatan ADHD seseorang. Kebanyakan orang meminum kapsul atomoxetine melalui mulut sekali atau dua kali sehari.

Badan Pengawas Makanan dan Obat-obatan AS (FDA) pertama kali menyetujui Strattera untuk pengobatan gejala ADHD pada orang dewasa dan anak-anak di atas 6 tahun pada tahun 2002. Pada tahun 2017, FDA menyetujui versi obat generik pertama.

Studi telah menemukan bahwa atomoxetine aman dan efektif untuk kebanyakan orang dengan ADHD, termasuk mereka yang juga memiliki kondisi kesehatan mental yang umum terjadi seperti gangguan bipolar, depresi, dan gangguan obsesif-kompulsif (OCD). Faktanya, satu penelitian menunjukkan bahwa Strattera dapat mengurangi gejala ADHD sekitar 25% dalam waktu kurang dari sebulan.

Selain mengobati gejala utama ADHD seperti kurang perhatian, Strattera telah ditemukan untuk meningkatkan kualitas hidup dan mengurangi ketidakstabilan emosional di antara anak-anak dan orang dewasa dengan ADHD. Satu tinjauan Strattera menunjukkan bahwa sekitar 50% orang dewasa dengan ADHD terus mengalami efek positif ini. enam bulan setelah mereka berhenti minum obat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Efek Samping Atomoxetine

 

 

Dalam uji klinis untuk atomoxetine, sebagian besar efek samping yang dilaporkan adalah ringan. Untuk anak-anak, beberapa efek samping Strattera yang paling umum meliputi:

- Mual

- Kelelahan

- Kemurungan

- Pusing

- Nafsu makan menurun

- Muntah

- Efek samping seksual (seperti disfungsi ereksi)

- Mulut kering

- Sembelit

- Mual

Sedangkan efek samping yang jarang terjadi seperti: Tekanan darah tinggi dan Masalah hati

Sebelum menggunakan atomoxetine, beri tahu dokter Anda jika Anda sedang hamil atau berencana untuk hamil. Anda juga harus berbicara dengan penyedia layanan kesehatan Anda tentang obat lain yang Anda pakai. Jika Anda menggunakan inhibitor monoamine oxidase (MAOIs), seperti Marplan (isocarboxazid) atau Nardil (phenelzine), dokter kemungkinan besar akan memberi tahu Anda untuk tidak menggunakan Strattera.

Dalam kasus yang jarang terjadi, atomoxetine dapat meningkatkan risiko pikiran untuk bunuh diri di kalangan remaja dan anak-anak yang menggunakan obat ini. Remaja yang mulai menggunakan narkoba harus diawasi secara ketat. Jika Anda, anak Anda, atau seseorang yang Anda kenal mengalami pikiran untuk bunuh diri saat menggunakan Strattera, segera cari bantuan medis.

 

3 dari 4 halaman

Nonstimulan vs Stimulan untuk ADHD

Obat yang paling banyak diresepkan untuk ADHD adalah stimulan seperti Adderall (dextroamphetamine dan amphetamine) dan Ritalin (methylphenidate), bekerja untuk mengobati gejala ADHD dengan meningkatkan aktivitas sistem saraf pusat.

Strattera adalah nonstimulan, yang berarti bekerja untuk meningkatkan kewaspadaan dan fokus tanpa mempercepat aktivitas otak Anda. Tenex (guanfacine) adalah nonstimulan umum lain yang digunakan untuk mengobati ADHD.

Banyak orang lebih suka mengambil stimulan untuk ADHD karena mereka bekerja lebih cepat (sering dalam satu jam) dan agak lebih efektif dalam mengelola gejala. Namun, efek nonstimulan bertahan lebih lama, hingga 24 jam.

Stimulan ADHD datang dengan sejumlah kemungkinan efek samping, seperti tekanan darah tinggi dan takikardia (detak jantung cepat). Untuk mengurangi risiko masalah kardiovaskular, orang dengan kondisi jantung yang sudah ada sebelumnya dapat memilih untuk minum obat nonstimulan.

 

4 dari 4 halaman

Sering disalahgunakan

Adderall dan stimulan lainnya juga sering disalahgunakan. Orang dengan ADHD yang memiliki riwayat penyalahgunaan zat sering menggunakan obat nonstimulan untuk menghindari kemungkinan kecanduan atau overdosis.

Tidak seperti obat ADHD yang paling umum, Strattera adalah nonstimulan. Ini berarti obat ini mengobati gejala ADHD tanpa meningkatkan produksi norepinefrin dan dopamin otak Anda.

Strattera telah terbukti aman dan efektif secara keseluruhan untuk anak-anak dan orang dewasa dengan ADHD. Namun, dapat menyebabkan efek samping seperti mual, pusing, efek samping seksual, dan nafsu makan berkurang.

Mungkin sulit untuk mengatasi gejala ADHD, tetapi ada banyak perawatan efektif yang tersedia. Bicaralah dengan penyedia layanan kesehatan Anda jika Anda tertarik untuk mencoba Strattera untuk mengelola gejala ADHD Anda dan meningkatkan kualitas hidup Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini