Sukses

Tips Sukses Hannah Daly, Penyandang Disabilitas yang Jadi Petugas Kesehatan di Eropa

Pendidikan dan pekerjaan bukanlah hal yang mudah dimiliki setiap orang, terlebih bagi orang dengan disabilitas. Berbagai hambatan di semua negara di Wilayah Eropa menghalangi sistem dan masyarakat kesehatan yang inklusif disabilitas.

Liputan6.com, Jakarta Pendidikan dan pekerjaan bukanlah hal yang mudah dimiliki setiap orang, terlebih bagi orang dengan disabilitas.

Berbagai hambatan di semua negara di Wilayah Eropa menghalangi sistem dan masyarakat kesehatan yang inklusif disabilitas. 

"Agak ironis," kata Hannah Daly, dilansir WHO, Jumat (2/6/2023).

Hannah sendiri merasa memiliki disabilitas tak terlihat saja membuatnya tidak dapat menyembunyikannya.

Meskipun memiliki keterampilan membaca yang mirip dengan anak berusia 7 tahun dan tantangan dengan kemampuan menulisnya, ibu 4 anak berusia 37 tahun dari Irlandia ini telah meraih berbagai gelar universitas dan sekarang berkembang sebagai terapis okupasi.

Baru-baru ini, ia menjadi penulis dengan menerbitkan otobiografi berjudul “Knowing No Boundaries”. Namun, jalan yang membawanya ke titik ini memang ditandai dengan banyak batasan, yang kini dia bantu atasi orang lain.

Hannah pun memberikan motivasi bagi penyandang disabilitas lain agar tidak kalah saing dengan non-disabilitas.

- Penting Meyakini Diri Sebagai Bagian dari Sesuatu

Karena selalu merasa berbeda dari teman sebayanya, Hannah justru merasa lega setelah didiagnosis disleksia, dispraksia, dan gangguan pemrosesan sensorik.

“Saya pernah dibully dan dikucilka,” katanya mengingat kembali tahun-tahun awal sekolahnya.

“Saya mulai percaya bahwa saya tidak cerdas dan tidak cukup baik. Tetapi ketika saya menyadari bahwa saya menderita disleksia dan pergi ke sekolah dengan anak-anak lain seperti saya, saya tahu saya tidak sendirian. Kita semua perlu merasa bahwa kita adalah bagian dari sesuatu.”

Meskipun dia terus menghadapi tantangan dalam membaca dan menulis, Hannah mendapatkan kembali kepercayaan dirinya dan mengambil tindakan proaktif untuk mendapatkan akomodasi yang wajar dari universitasnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tak Bisa Melupakan Orang yang Membantu

Lebih penting lagi, dia mengelilingi dirinya dengan orang-orang yang mendukung yang bersedia membantunya dalam studinya. Rekan-rekan siswa akan secara sukarela mendukung Hannah dengan kebutuhan membaca dan menulisnya, sementara ibunya merekam buku-bukunya dalam kaset.

“Jumlah orang yang telah membacakan sesuatu untuk saya mungkin mencapai ribuan,” kata Hannah. “Informasi teks terasa terenkripsi bagi saya, tetapi ketika seseorang meluangkan waktu untuk membacanya dengan lantang, entah bagaimana saya akan terus mengingatnya selamanya. Saya masih ingat sesuatu yang dibacakan orang untuk saya lebih dari 20 tahun yang lalu.”

Ketekunan bukanlah sumber daya yang tidak terbatas, terutama dalam sistem yang tidak dirancang untuk orang seperti Anda. Hannah mengakui bahwa ada saat-saat ketika dia berpikir untuk menyerah. “Jika seseorang menyerah, bukan berarti mereka lemah,” katanya. “Kita seharusnya tidak mengalami begitu banyak trauma dan penolakan. Kita tidak harus berjuang sekeras ini hanya untuk mendapatkan pendidikan.”

- Berbincang dengan Orang Lain untuk Instrospeksi Diri dan Memecahkan Masalah

Sebelum mengikuti terapi okupasi, Hannah mengikuti seni pertunjukan. “Drama adalah alat yang berguna untuk mengajarkan keterampilan advokasi diri, terutama mereka yang dianggap berisiko, pelanggar hukum atau anak-anak dengan kesulitan belajar,” katanya.

Meskipun perawatan kesehatan bukanlah pilihan karir awal Hannah, pada akhirnya ia memiliki dorongan bawaan untuk membantu orang lain. “Adik saya menderita sindrom Down dan Tuli, jadi saya mendukung dan menerjemahkan untuknya menggunakan Bahasa Isyarat Irlandia,” katanya.

Ikatan dengan saudara laki-lakinya, ditambah dengan pengalaman hidupnya sendiri, telah mendorong Hannah untuk mendukung pemuda neurodivergen dalam menavigasi pekerjaan dan pendidikan. “Saya suka memecahkan masalah karena saya telah melakukannya sepanjang hidup saya untuk diri sendiri dan keluarga saya,” katanya.

“Saya merasa terhormat telah mencapai sejauh ini, tetapi saya masih harus berjuang sangat keras. Saya harus belajar banyak pelajaran sulit yang tidak harus dialami oleh anak-anak lain. Itulah mengapa saya berkeliling berbicara dengan orang-orang dan memberdayakan mereka untuk belajar dari kesalahan dan perjalanan saya.”

 

3 dari 4 halaman

- Mengadvokasi Orang Lain dan Percaya Diri

Hannah merasa lebih mudah membaca orang daripada buku. Dia menjelaskan bahwa Anda bisa mendapatkan banyak wawasan berharga dari cara seseorang berbicara, bergerak, dan menghadapi situasi. “Informasi ini tidak dapat ditemukan dalam catatan tertulis, itu berasal dari pengamatan,” katanya saat menjelaskan proses kerjanya.

“Kemudian saya mulai berinteraksi dengan pasien pada tingkat yang lebih dalam dan membantu mereka mengidentifikasi kekuatan mereka. Sangat menyenangkan melihat mereka membingkai ulang bagaimana mereka melihat diri mereka sendiri dan bahkan berkata, 'Saya pantas diperlakukan dengan bermartabat dan hormat, saya berharga.' Ini adalah momen yang luar biasa, dan tiba-tiba para orang tua terkejut bahwa itu mungkin terjadi.

Hannah berharap suatu hari nanti disabilitasnya akan dirasakan dan diterima secara biasa seperti vegetarisme. Sampai saat itu, mahasiswa dan profesional perlu mengadvokasi diri mereka sendiri dengan percaya diri.

“Saya sebenarnya orang yang tertutup,” katanya, “tetapi saya terbuka tentang disabilitas saya karena sikap perlu diubah. Saat Anda memiliki disabilitas, terkadang Anda merasa harus lebih membuktikan diri dan menghadapi pengawasan yang lebih ketat. Saya tidak selalu mengungkapkannya selama proses rekrutmen, tetapi begitu saya mendapatkan pekerjaan, saya berkata, 'Oke, inilah kesulitan dan kebutuhan saya.'”

 

4 dari 4 halaman

- Membuat Perbedaan

Terkadang, menjadi berbeda memungkinkan Hannah untuk terhubung secara lebih efektif dengan orang-orang yang juga mengalami neurodivergen atau mendekati kasus mereka dari sudut pandang yang unik. “Kadang-kadang, saya mengungkapkan kondisi saya sendiri kepada anak-anak atau orang tua mereka,” ungkapnya.

“Beberapa orang mungkin menganggap saya hancur, dan itu adalah cerminan dari mereka, bukan saya. Namun, itu tetap membuatku tidak nyaman. Di sisi lain, ada saat-saat ketika seseorang menyadari, 'Kamu mengerti, bukan?' Saya juga telah dicari oleh orang-orang yang menginginkan terapis neurodivergen.”

Sama seperti calon orang tua mungkin merasa nyaman melahirkan dengan bidan yang secara pribadi mengalami persalinan, memiliki terapis okupasi dengan pengalaman yang dapat diterima dapat memberikan kepastian, terutama dalam menghadapi stigma yang melekat seputar kondisi kognitif dan neurologis. “Terkadang memiliki koneksi itu karena otak kita terhubung dengan cara yang sama membuat semua perbedaan.”

Sementara beberapa karir benar-benar memprioritaskan inklusi disabilitas, dan perawatan kesehatan masih memiliki jalan panjang dalam hal aksesibilitas, lebih banyak peluang muncul untuk orang-orang dengan beragam kebutuhan akses.

Itulah mengapa sangat penting untuk menjadi proaktif. “Pahami kebutuhan Anda,” kata Hannah, mempertimbangkan nasihatnya kepada penyandang disabilitas yang sedang memikirkan karier di bidang perawatan kesehatan.

“Pikirkan tentang peran dan potensi hambatan. Pikirkan tentang solusi potensial yang akan memungkinkan Anda untuk berhasil. Bisakah Anda menyesuaikan pekerjaan? Dapatkah Anda merencanakan ke depan? Bersikaplah terbuka dan terus terang. Tanyakan tentang akomodasi apa pun sebelumnya, karena bisa memakan waktu lama untuk diterapkan. Pilih karir yang sesuai dengan kekuatan Anda. Cobalah untuk menemukan seseorang dengan pengalaman serupa dan berbicaralah dengan mereka.” Dan nasihat yang paling penting? “Jangan terlalu keras pada dirimu sendiri," tutupnya dengan senyuman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.