Sukses

5 Ciri Rumah Sakit Mata Terbaik untuk Operasi Katarak dan Hindari Disabilitas Netra

Katarak adalah masalah kesehatan mata yang bisa berujung pada disabilitas netra. Kondisi katarak membuat penglihatan menjadi buram dan semakin parah seiring waktu.

Liputan6.com, Jakarta ​Katarak adalah masalah kesehatan mata yang bisa berujung pada disabilitas netra. Kondisi katarak membuat penglihatan menjadi buram dan semakin parah seiring waktu.

Hingga saat ini, operasi katarak menjadi satu-satunya solusi terbaik untuk mengobati gangguan katarak. Demikian pula seiring berkembangnya teknologi, operasi katarak dapat dilakukan dengan alat yang mutakhir dan proses penyembuhan yang relatif lebih singkat.

Di samping itu, kualitas rumah sakit mata Indonesia, khususnya di Jakarta juga tidak kalah bagusnya dengan rumah sakit mata di luar negeri. Suatu rumah sakit mata dapat dikatakan memiliki kualitas yang baik jika memiliki 5 ciri ini:

Reputasi yang Baik

Kualitas rumah sakit sangat penting dalam memilih tempat operasi katarak. Pastikan rumah sakit mata yang dipilih memiliki sertifikasi dan lisensi yang valid dan memenuhi standar nasional ataupun internasional.

Cek juga apakah rumah sakit memiliki peralatan medis terkini dan memadai untuk melakukan operasi katarak dengan aman.

Kualifikasi Dokter Mata

Rumah sakit mata terbaik pasti memiliki dokter mata yang andal. Kemampuan tersebut dibuktikan dengan banyaknya pengalaman serta lisensi keilmuan untuk melakukan operasi mata.

“Kualifikasi ini untuk memastikan bahwa Anda akan mendapatkan treatment terbaik selama melakukan operasi katarak,” mengutip keterangan pers KMN EyeCare, Selasa (20/6/2023)

Tidak jarang, rumah sakit mata terbaik akan memiliki dokter mata yang terus meng-upgrade keilmuannya sesuai dengan perkembangan teknologi kesehatan mata. Dokter yang berpengalaman dan terlatih akan memberikan layanan pengobatan secara profesional dan membantu meningkatkan kesuksesan operasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Memiliki Fasilitas Lengkap

 Pastikan rumah sakit memiliki fasilitas yang memadai untuk menjalankan operasi katarak dan memastikan kenyamanan selama berobat.

Periksa apakah alat-alat diagnostik yang digunakan sudah lengkap. Lalu, fasilitas bangunan seperti ruang tunggu, optik, laboratorium, musala, kantin dan sejenisnya pastikan bersih dan aman untuk digunakan.

Contoh fasilitas yang perlu ada di rumah sakit mata berkualitas adalah:

  • Peralatan diagnostik dan operasi terkini
  • Laboratorium dan farmasi
  • Call center 
  • Sistem perjanjian yang sistematis
  • Ruang tunggu yang dilengkapi dengan snack corner
  • Optik (kacamata dan lensa kontak)
  • Musala
  • Klinik Diabetes Nusantara
  • Kerja sama dengan berbagai perusahaan asuransi, jaringan rumah sakit dan bank serta FinTech.
3 dari 4 halaman

Memiliki Banyak Layanan Perawatan Mata

Ciri berikutnya yang menunjukkan bahwa suatu rumah sakit mata memiliki kualitas yang baik dapat dilihat dari banyaknya jenis layanan yang disediakan.

“Pusat mata dengan dokter mata yang berkualitas akan memiliki banyak layanan perawatan mata. Layanan ini dapat mencakup operasi katarak, retina, lensa kontak, pengobatan glaukoma, perawatan mata anak, hingga operasi lasik.”

4 dari 4 halaman

Ketersediaan Teknologi Terkini

Rumah sakit mata terbaik akan menggunakan teknologi terkini untuk melakukan operasi katarak seperti mesin operasi fako dan alat pemeriksaan diagnostik yang canggih dan modern. Teknologi terkini dapat meningkatkan kesuksesan operasi dan mempercepat pemulihan pasien.

“Pastikan rumah sakit yang Anda pilih memiliki peralatan dan fasilitas yang memadai untuk teknologi tersebut.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.