Sukses

Tips Mengadopsi Anjing atau Kucing yang Menyandang Disabilitas

Jika Anda memutuskan untuk mengadopsi anjing atau kucing dengan disabilitas, ketahui apa yang perlu dipersiapkan di rumah.

Liputan6.com, Jakarta Kucing dan anjing berkebutuhan khusus (disabilitas) memiliki tantangan terhadap kesehatan dan kesejahteraannya. Mereka juga membutuhkan seseorang yang dapat memberikan perawatan dan perhatian ekstra dengan kesabaran, cinta, dan kasih sayang.

"Hidup berdampingan dengan hewan peliharaan penyandang disabilitas akan mengajarkan Anda untuk menjadi lebih kreatif dan sabar," kata Mary Burch, PhD, seorang ahli perilaku hewan bersertifikat dan direktur AKC Canine Good Citizen Program di Tallahassee, Florida, dilansir dari PetMD.

"Ada kebahagiaan tersendiri saat mengetahui bahwa Anda telah menyelamatkan - dan memberikan kehidupan yang baik bagi - hewan peliharaan yang mungkin tidak akan terselamatkan."

Jika Anda memutuskan untuk mengadopsi anjing atau kucing dengan disabilitas, ketahui apa yang perlu dipersiapkan di rumah.

"Pertama-tama, tanyakan tentang hewan peliharaan dan tingkat energinya, ras, dan persyaratan latihannya untuk memastikan jenis hewan peliharaan tersebut akan cocok dengan rumah tangga," kata Gay Wakeland, salah satu pendiri Deaf Dogs of Oregon. 

Deb Marsh, presiden Blind Dog Rescue Alliance di Boothwyn, Pennsylvania, setuju. "Akan sangat membantu jika Anda mengingat bahwa ia adalah anjing pertama yang tunanetra misalnya, sehingga bukanlah sesuatu hal yang harus disikapi dengan menyerah, tetapi menerimanya dan melanjutkan hidup sepenuhnya."

 

 

2 dari 4 halaman

Kebutuhan Hewan Disabilitas

Terkait dengan kebutuhan khusus hewan, para ahli kami menyarankan untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan ini sebelum mengadopsi:

- Saat Anda jauh dari rumah, dapatkah hewan peliharaan dirawat oleh dog walker atau pengasuh? Apakah yang terbaik bagi hewan peliharaan untuk tetap tinggal di rumahnya sendiri, atau apakah tinggal di rumah anggota keluarga atau di kandang menjadi pilihan?

- Apakah hewan peliharaan memiliki kebutuhan medis khusus atau menggunakan obat hewan dengan resep dokter?

- Tagihan dokter hewan tambahan apa saja yang perlu ditanggung, dan berapa biayanya?

- Apakah hewan peliharaan dapat berjalan sendiri di sekitar rumah? Jika tidak, apakah ia harus berada di dalam ruangan dengan pintu tertutup atau di dalam kandang?

- Apakah Anda perlu mengajak hewan peliharaan berjalan-jalan dengan tali, atau dapatkah ia tinggal (diawasi) di halaman berpagar?

- Apakah tangga menjadi masalah?

- Apakah ada perintah tertentu yang sudah direspon oleh hewan peliharaan Anda?

- Apakah ada pelatih terdekat yang dapat mengajari Anda untuk berkomunikasi atau menangani hewan peliharaan berkebutuhan khusus Anda?

- Apakah ia memiliki masalah perilaku yang berkaitan dengan disabilitasnya (misalnya, menggigit ketika terkejut)?

- Lingkungan seperti apa yang disediakan oleh rumah hewan peliharaan sebelumnya, dan apa yang harus diubah agar adopsi ini berhasil?

 

 

3 dari 4 halaman

Tips untuk Mempermudah Hidup Hewan Peliharaan Berkebutuhan Khusus

Ikuti panduan ini untuk membantu memudahkan transisi hewan peliharaan baru Anda ke dalam rumah.

1. Bersikaplah Realistis

"Berharaplah bahwa masalah apa pun yang menyebabkan kebutuhan khusus tidak akan hilang seiring berjalannya waktu," kata Terri M. Bright, direktur layanan perilaku di MSPCA Angell di Boston.

Pahami bahwa disabilitas hewan dapat memengaruhi gaya hidup Anda, seperti membuat pengaturan khusus jika Anda harus bepergian dengan hewan peliharaan Anda. Bahkan berjalan-jalan sederhana di sekitar lingkungan Anda mungkin berbeda, mungkin membutuhkan tali kekang anjing khusus.

Bright, seorang analis perilaku bersertifikasi tingkat doktoral dan ahli perilaku hewan terapan bersertifikasi, menyukai keamanan tali kekang dan tali pengikat anjing tanpa tarikan dari 2 Hounds Design Freedom untuk memastikan bahwa anjingnya benar-benar aman dan tidak dapat keluar dari tali tersebut jika ia ketakutan dan mencoba melepaskan diri.

2. Mencari Saran

Ada banyak informasi yang tersedia, jadi carilah sumber-sumber yang kredibel seperti staf penyelamat, pelatih hewan, dokter hewan, ahli perilaku, dan sumber daya online seperti Anjing Tuli. Jika hewan peliharaan tersebut telah tinggal di panti asuhan, bicaralah dengan keluarga asuh saat ini, saran Marsh.

"Mereka dapat berbagi tentang apa yang disukai/tidak disukai oleh hewan peliharaan tersebut, bagaimana menangani situasi tertentu dan perintah/alat pelatihan apa yang dapat membantunya beradaptasi dengan lingkungan barunya."

3. Dapatkan Pelatihan

Pastikan untuk menganggarkan pelatihan apa pun yang mungkin Anda perlukan, mungkin dengan ahli perilaku hewan atau ahli perilaku hewan bersertifikat. "Carilah metode pelatihan yang mengandalkan pencegahan masalah dan menggunakan hadiah untuk melatih perilaku baru," jelas Bright.

"Apa pun yang membuat hewan takut tidak boleh digunakan, baik semprotan air, suara keras, kerah/alas kejut elektronik, atau apa pun yang menakutkan." Dan Burch menambahkan, "Pelatihan biasanya diperlukan untuk mengajari hewan menavigasi di sekitar rumah jika buta atau untuk merespons pemiliknya jika Tuli."

- Hewan peliharaan Tuli: Untuk mengajarkan penarikan kembali kepada anjing Tuli, pasangkan camilan anjing dengan kalung khusus getaran, kata Bright. "Ini harus digunakan hanya dengan hadiah, seperti mengajarkan bahwa getaran berdengung berarti datang-dan-dapatkan-perlakuan!" Wakeland menyarankan untuk mempelajari beberapa isyarat tangan dan isyarat visual untuk melatih anjing Tuli Anda.

- Hewan peliharaan tunanetra: Marsh menemukan bahwa, untuk anjing tunanetra, clicker anjing, seperti alat bantu pelatihan clicker anjing pro-training Starmark, sangat bagus untuk pelatihan, dipasangkan dengan perintah suara seperti "duduk", "datang", "naik/turun" (untuk anak tangga, trotoar, dll.) dan "berhenti" (untuk keadaan darurat jika mereka harus segera berhenti).

- Hewan peliharaan yang memiliki disabilitas fisik: Jaga rumah Anda tetap rapi dan bebas dari kekacauan. Jalan landai, tangga untuk hewan peliharaan, permukaan yang tidak licin, dan akomodasi lainnya mungkin diperlukan untuk memberi hewan peliharaan Anda akses ke semua tempat yang harus ia tuju. 4. Tetap Positif

"Anjing-anjing istimewa ini harus dilatih dengan penguatan positif," kata Burch. "Untuk anjing tunanetra, makanan dan suara lembut Anda bisa menjadi penguat. Untuk anjing Tuli, gunakan makanan dan sentuhan lembut untuk memberi tanda bahwa anjing telah melakukan sesuatu dengan benar."

Selain itu, Marsh juga menyarankan untuk berbicara dengan pelan kepada hewan peliharaan tunanetra sebelum menyentuhnya jika mereka sedang tidur/beristirahat agar Anda tidak mengagetkannya. Untuk hewan peliharaan yang Tuli, Anda dapat mengumumkan kehadiran Anda dengan menginjak lantai.

 

4 dari 4 halaman

5. Berikan Pengawasan Ekstra

Hewan peliharaan berkebutuhan khusus tidak boleh dibiarkan sendirian di lingkungan yang tidak dikenalnya. Hal ini bisa berarti pemiliknya harus sering berada di rumah (setidaknya pada awalnya) dan memiliki asisten yang terlatih untuk menggantikannya saat pemiliknya pergi. "Saya biasanya menyimpan tali kekang dan tali pengikat anjing asuh baru selama beberapa hari agar saya dapat membimbingnya dan menangkapnya dengan cepat jika ia pergi ke tempat yang tidak seharusnya," saran Marsh.

Sebagai contoh, dia menuntun anjing tunanetra yang baru datang ke tempat makanan dan air minum anjingnya, ke pintu untuk pergi ke luar, dan ke tempat tidur anjingnya. Tetapi dia menyarankan untuk tidak mengangkat anjing dan menurunkannya karena dia tidak akan tahu bagaimana cara mencapainya sendiri. "Dia akan menabrak banyak hal," katanya. "Meskipun sulit untuk dilihat, itulah cara mereka belajar dengan caranya sendiri, seperti menggunakan tongkat."

6. Ubah Lingkungan Anda untuk Melindungi Hewan Peliharaan Anda

Membungkuklah hingga setinggi hewan peliharaan untuk memeriksa apa pun yang dapat melukai hewan peliharaan, seperti halnya memeriksa rumah yang aman bagi bayi. Wakeland mengatakan bahwa penting untuk memiliki tempat yang aman di dalam rumah di mana anjing tidak dapat melarikan diri, dan halaman berpagar karena anjing yang Tuli tidak dapat dipanggil kembali jika ia kabur.

Jika Anda memiliki hewan peliharaan tunanetra yang bebas berkeliaran di halaman rumah Anda, periksalah ranting dan dahan yang dapat mencakar atau menyodoknya. "Dan tutuplah tangga dan tempat lain yang bisa melukai dirinya, seperti kolam renang," kata Marsh.

Manfaatkan juga indera hewan peliharaan Anda yang lain. Jika anjing tunanetra tersandung saat menuruni tangga, bantu dia merasakan perubahannya dengan menggunakan keset dengan tekstur yang berbeda di bagian atas/bawah tangga.

Pertimbangkan untuk menggunakan ramp hewan peliharaan untuk tangga depan atau belakang. Gunakan karpet atau karpet sampel kotak di pintu untuk memudahkan hewan peliharaan Anda menemukan bukaan pintu. Marsh meletakkan keset karet di luar untuk menunjukkan jalur yang aman dari pintu belakang ke tanjakan ke halaman.

Di luar, letakkan lonceng di dekat pintu belakang untuk memandu anjing tunanetra. Di dalam, gunakan aroma yang berbeda (seperti olesan ekstrak vanili) untuk menandai area untuk hewan peliharaan Anda. Burch mengatakan, "Anda bisa mendapatkan pemandu lingkaran cahaya yang melingkari kepala anjing dan mencegahnya menabrak sesuatu."

7. Konsisten

Untuk semua jenis disabilitas, akan sangat membantu jika Anda memiliki jadwal yang dapat diprediksi. Sebagai contoh, seekor kucing dengan disabilitas fisik mungkin tidak dapat pergi ke toilet sendiri, tetapi jika ia tahu bahwa seseorang akan datang pada waktu makan siang untuk membantu, tingkat stresnya akan jauh lebih rendah dibandingkan dengan jadwal yang tidak dapat diprediksi.

Jaga lingkungan hewan agar tetap konsisten. "Jika memungkinkan, indra hewan peliharaan yang lain harus dipertimbangkan," kata Bright. "Bau apa yang biasa tercium oleh hewan? Makanan apa? Jenis perawatan atau penanganan? Sejauh hal ini dapat dijaga agar tetap konsisten, hewan peliharaan akan mendapatkan keuntungan." Selalu beri dia makan di tempat yang sama dan jangan pindahkan perabotannya.

Jika Anda mempertimbangkan semua hal ini, Anda akan siap dan siap untuk menyambut anjing atau kucing berkebutuhan khusus di rumah Anda.