Sukses

Pemprov Jakarta Kenalkan Laman Khusus Disabilitas, Ada Informasi soal 8 Layanan Inklusif

Pemprov memiliki 8 layanan inklusif di Jakarta bisa diakses di laman resmi jakarta.go.id/layanandisabilitas.

Liputan6.com, Jakarta Dalam menyediakan akses informasi yang inklusif dan ramah disabilitas Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menghadirkan situs web jakarta.go.id/layanandisabilitas.

Layanan ini disediakan supaya informasi lebih mudah diakses untuk penyandang disabilitas, seperti mengutip laman resmi Jakarta Smart City, Rabu (3/7/2024).

Dengan mengakses situs web tersebut, warga juga bisa melihat apa saja layanan disabilitas yang tersedia di Jakarta, mulai dari kependudukan sampai komunitas.

Informasi publik yang tersedia adalah:

  • Layanan Disabilitas Pemprov DKI Jakarta
  • Kamus SIBI (Sistem Isyarat Bahasa Indonesia)
  • Berita dan Kegiatan Inklusif.

Laman jakarta.go.id/layanandisabilitas menyediakan informasi tentang delapan Layanan Disabilitas Pemprov DKI Jakarta. Layanan-layanan inilah yang disediakan untuk penyandang disabilitas di Jakarta.

Pengguna hanya perlu klik layanan yang ingin dibaca dan situs web otomatis akan menuju ke laman yang dituju. Pengguna akan disambut dengan video yang menjelaskan layanan tersebut lengkap dengan transkripnya.

Delapan layanan disabilitas Pemprov DKI Jakarta yang tersedia di laman tersebut adalah:

Kependudukan

Layanan ini berguna untuk memastikan kepemilikan status kependudukan bagi setiap penyandang disabilitas di Jakarta.

Penyandang disabilitas bisa melakukan pengurusan data kependudukan dengan metode datang ke rumah langsung, membuka stan pelayanan, hingga bekerja sama dengan yayasan atau organisasi sosial.

Pendidikan

Pendidikan adalah sektor penting untuk setiap warga Jakarta. Pemprov DKI Jakarta pun terus memenuhi hak atas pendidikan yang setara dan inklusif bagi semua warga Jakarta. Program-program yang tersedia adalah:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Layanan Selanjutnya

Kesehatan

Setiap warga Jakarta berhak mendapatkan akses pelayanan kesehatan yang berkualitas. Layanan kesehatan yang mudah dijangkau oleh semua kalangan adalah Jaminan Kesehatan Jakarta (Jamkesjak).

Ada pula sarana layanan kesehatan seperti: ubin pemandu (guiding block), kursi roda, elevator, dan petugas kesehatan yang melayani kebutuhan penyandang disabilitas.

Transportasi

Integrasi antarmoda transportasi membuat warga Jakarta mudah bepergian. Fasilitas-fasilitas di dalamnya pun perlu didesain secara inklusif supaya bisa digunakan oleh siapa saja. Di bawah ini adalah fasilitas-fasilitas transportasi untuk penyandang disabilitas:

  • Bus Sekolah Khusus Disabilitas
  • Sarana Prioritas
  • Stiker Khusus Disabilitas.
3 dari 4 halaman

Layanan Sosial

Hak dan kebutuhan penyandang disabilitas perlu dijamin ketersediaannya. Pemprov DKI Jakarta pun mewujudkan kesetaraan hidup warga dengan menghadirkan layanan sosial khusus bagi penyandang disabilitas, seperti:

  • Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta (KPDJ)
  • Alat bantu disabilitas seperti Alat Bantu Fisik (ABF)
  • Unit Informasi Layanan Sosial (UILS).

Karier

Penyandang disabilitas berhak untuk maju dan berkembang tanpa diskriminasi. Berikut ini adalah program-program keahlian di Jakarta yang berguna untuk penyandang disabilitas:

  • Unit Layanan Disabilitas (ULD) Ketenagakerjaan
  • Pelatihan Jakpreneur.

Fasilitas Umum

Ruang publik di Jakarta perlu menarik untuk dikunjungi sekaligus bersifat ramah disabilitas. Fasilitas-fasilitas umum yang memudahkan penyandang disabilitas beraktivitas di ruang publik adalah:

  • Perpustakaan
  • Ruang Terbuka
  • Destinasi Wisata.
  • Komunitas.

Penyandang disabilitas bebas untuk terus berekspresi dan berkumpul. Difabel bisa berbagi kisah inspiratif bersama jejaring komunitas khusus disabilitas di Jakarta. Telusuri informasinya di layanan Jejaring Komunitas Disabilitas.

4 dari 4 halaman

Fitur dalam Laman Disabilitas Jakarta

Adapun fitur dalam laman layanan disabilitas Jakarta yakni:

Kamus SIBI

Mampu berbahasa isyarat adalah hal yang penting. Dengan keahlian tersebut, warga bisa berkomunikasi dengan teman-teman penyandang disabilitas.

Jika pengguna menggulir laman situs web jakarta.go.id/layanandisabilitas ke bawah, pengguna akan menemukan konten Kamus SIBI (Sistem Isyarat Bahasa Indonesia). Di konten ini, pengguna bisa mempelajari petunjuk hingga kosakata bahasa isyarat.

Berita dan Kegiatan Inklusif

Situs web jakarta.go.id/layanandisabilitas memiliki informasi berupa Berita dan Kegiatan Inklusif. Di bagian Berita, pengguna bisa melihat apa saja yang dilakukan Jakarta saat ini untuk melayani penyandang disabilitas. Bagian Kegiatan Inklusif menampilkan informasi tentang berbagai acara yang bisa diikuti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.