Sukses

Putri Ariani Masuk UGM Lewat Jalur Prestasi, Pilih FH agar Bisa Advokasi Teman-Teman Difabel

Putri Ariani kini sudah jadi mahasiswa. Ia diterima di Fakultas Hukum (FH) UGM lewat jalur Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi (PBUB) di bidang seni.

Liputan6.com, Jakarta Penyanyi Putri Ariani kini sudah menjadi mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Putri diterima di Fakultas Hukum lewat jalur Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi (PBUB) di bidang seni.

Wanita 18 tahun bernama asli Ariani Nisma Putri ini mengungkapkan perasaan hatinya yang menjadi salah satu dari 10.678 mahasiswa baru yang diterima UGM di 2024.

Bagi Putri, tak mudah bagi dirinya untuk menentukan kampus untuk berkuliah. Setelah setahun berpikir akhirnya Putri mantap memilih UGM.

“Banyak pertimbangan. Setahun ini banyak berpikir untuk kelanjutan pendidikan Putri, akhirnya memilih di UGM," katanya.

"Putri pikir, UGM menjadi the right choice for me,” katanya.

Alasan Putri Ariani Pilih FH

Banyak yang kaget dengan pilihan fakultas Putri mengingat ia lulusan Sekolah Menengah Musik Indonesia atau SMKN 2 Bantul. Namun, Putri memilih kuliah di Fakultas Hukum ia menambah wawasan yang baru.

“Selama ini ambil musik di SMK, tapi Putri suka sesuatu yang baru. Ingin belajar hukum bisa buat nambah wawasan yang lebih luas dan open minded,” katanya.

Selain terkait misi pribadi ingin belajar hal baru, Putri mengungkapkan bahwa dengan belajar di Fakultas Hukum UGM agar bisa mengadvokasi orang-orang difabel untuk meraih mimpi.

"Putri bisa meng-empower teman-teman difabel maupun yang non difabel untuk terus meraih mimpi. Berkarya tanpa batas," kata Putri di akun Instagram pribadinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Putri Ariani Ingin Kuliah dan Karier Beriringan

Kuliah tidak membuat Putri Ariani meninggalkan karier di dunia musik. Ia ingin pendidikan dan kariernya bisa berjalan secara beriringan.

“Kalau Putri ingin pendidikan dan karier berjalan beriringan dan kuliah akan lanjut. Tahun ini akan keluarkan album,” paparnya Putri mengutip resmi UGM.

3 dari 4 halaman

Kata UGM

Rektor Universitas Gadjah Mada Prof. dr. Ova Emilia, M.Med.Ed., Sp.OG(K), Ph.D., mengatakan Putri Ariani merupakan salah satu dari 10 ribu mahasiswa baru Universitas Gadjah Mada yang berasal dari berbagai daerah, berbagai latar belakang sehingga memberikan semangat dan motivasi untuk keberhasilan satu sama lain.

Ova berharap Putri bisa menjalankan kuliahnya dengan baik di kampus UGM.

“Semoga lancar nanti kuliahnya dan fokus. Kami berusaha agar UGM menjadi tempat belajar yang nyaman dan menyenangkan untuk semua,” katanya.

4 dari 4 halaman

Siapa Putri Ariani?

Putri Ariani merupakan penyanyi muda berbakat muda Indonesia. Pada 2023, ia memukau publik usai tampil di America's Got Talent (AGT 2023).

Berkat tampilan memukau di AGT 2023, nama Putri Ariani ramai dibicarakan hingga masuk dalam jajaran trending topik Twitter.

Sebelum di America's Got Talent, masyarakat Indonesia sudah mengenal Putri karena ia merupakan pemenang Indonesia's Got Talent 2014. Keterbatasan fisik tidak menghalangi dirinya untuk terus berprestasi.

Putri lahir pada 31 Desember 2005. Putri Ariani lahir saat sang ibunda mengalami plasenta previa selama kehamilan. Ini adalah kondisi ketika seluruh plasenta menutupi mulut rahim. Setelah dilahirkan di usia prematur, penglihatannya mengalami gangguan karena mengidap Retina of Prematur atau ROP.

"Putri kan lahirnya prematur, jadi Putri lahir saat usia kandungan 6 bulan 18 hari. Akhirnya masuk inkubator. Tiga bulan di inkubator, sudah jadi kayak home stay gitu hehe," kata Putri. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini