Sukses

Temui Penyandang Disabilitas, Paus Fransiskus: Kalian adalah Bintang Bersinar di Langit Nusantara

Dalam kunjungan ke Indonesia, Paus Fransiskus menemui penyandang disabiltas. Ia mengatakan bahwa penyandang disabilitas seperti bintang-bintang yang bersinar di langit.

Liputan6.com, Jakarta Dalam kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia, ia menyempatkan untuk menemui penyandang disabilitas. Kepada penyandang disabilitas pria 87 tahun ini menungkapkan bahwa kehadiran mereka di dunia menjadi lebih indah.

"Kalian adalah bintang yang bersinar di langit Nusantara ini. Para anggota yang berharga dari gereja ini, kalian harta karunnya," kata Paus Fransiskus di Gedung KWI Jakarta Pusat pada Kamis, 5 September 2024.

Paus juga menyatakan setuju dengan perspektif salah satu penyandang disabilitas di ruangan itu, Mimi yang terlebih dulu bercerita.

Siang tadi, kepada Paus dan undangan lain, Mimi mengungkapkan bahwa ia meyakini dirinya dan orang-orang dengan disabilitas lainnya merupakan bagian dari keunikan yang diciptakan Tuhan. Sang Mahakuasa ingin memperlihatkan bahwa tiap-tiap manusia memiliki kemampuan yang berbeda.

"Saya setuju dengan pernyataan Mimi, bahwa Allah menciptakan manusia dengan kemampuan-kemampuan unik untuk memperkaya keragaman dunia kita," tutur Paus.

Hadir juga di kesempatan itu, Andrew yang didiagnosis autism dan mild intelectual disabilty. Kepada Paus, Andrew menceritakan bahwa dengan kemampuan yang ia miliki, pria 18 tahun itu punya kesempatan untuk mengikuti paralimpiade.

Ia juga menceritakan betapa orangtuanya mencintai dirinya tanpa syarat serta berusaha memberikan terapi yang terbaik untuk membantu Andre. 

Mendengar cerita Andrew, Paus memberikan ucapan selamat atas keterlibatan anak muda tersebut di paralimpiade. 

"Mari kita ucapkan selamat kepadanya, kepada Andrew yang berpartisipasi dalam paralimpiade," kata Paus.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Paus Fransiskus: Saling Membutuhkan Bukan Hal Buruk

Di kesempatan itu juga Paus Fransiskus mengatakan bahwa manusia membutuhkan orang lain itu bukanlah hal buruk. Namun, membuat manusia makin mengetahui bahwa banyak orang-orang baik di dunia ini.

"Kita semua membutuhkan satu sama lain. Dan, ini bukan hal buruk," katanya.

Dengan saling bantu membantu, kata Paus, maka manusia mengetahui bahwa hal terpenting adalah kasih. 

 

3 dari 4 halaman

Tuhan Tidak Pernah Melupakan Anak-Anak yang Unik

Paus Fransiskus juga menguatkan anak-anak disabilitas bahwa dengan keterbatasan dan kesulitan yang dihadapi Tuhan tidak pernah meninggalkan.

"Kita unik di mata Tuhan, tidak pernah melupakan kita," katanya.

"Selalu ingat ini untuk menjaga harapan untuk hidup dan berjuang tanpa kenal lelah agar hidup kita menjadi anugrah untuk orang lain," katanya. 

4 dari 4 halaman

Beri Salam Anak dengan Down Syndrome hingga Orang Sakit

Dalam kesempatan tersebut, Paus menyalami dan memberi berkat kepada anak-anak dengan disabilitas. Mulai dari down syndrome, autisme hingga tuna netra.

Paus dari atas kursi roda, menyapa satu per satu penyandang disabilitas. Memberi salam serta berkat kepada yang hadir.

Ada juga orang yang sakit juga hadir di situ untuk mendapatkan berkat dari pemimpin tertiggi gereja Katolik itu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini