Sukses

Jokowi Pastikan Buka Peparnas 2024 di Solo

Jokowi memastikan dia akan segera terbang ke Solo guna membuka Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII pada 6-13 Oktober 2024 akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Jokowi memastikan dia akan segera terbang ke Solo guna membuka pesta olahraga tersebut.

"Iya, ini setelah ini saya flight ke Solo untuk membuka Peparnas," ujar Jokowi singkat usai membuka Nusantara TNI Fun Run di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Minggu, dilansir ANTARA.

Sekretariat Preseiden menyebut Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo akan bertolak kembali menuju Kota Balikpapan usia membuka Nusantara TNI Fun Run di IKN dan akan langsung menuju ke Jawa Tengah.

Sebelumnya, Pejabat Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana telah mengecek kesiapan sejumlah arena pertandingan menjelang acara Peparnas XVII Solo Raya. Menurutnya, semua venue telah siap digunakan untuk pertandingan.

Selain mengecek lokasi pertandingan, Nana juga mengecek persiapan pembukaan yang akan diselenggarakan di Stadion Manahan, Solo.

"Saat ini sudah mulai ditata dan saya lihat sudah sesuai dengan progres yang semestinya,” kata Nana Sudjana, di Solo, Sabtu (5/10).

Diikuti oleh 35 Provinsi

Sementara itu, National Paralympic Committee (NPC) Indonesia mecatat sejarah baru karena dipastikan Peparnas 2024 diikuti oleh atlet dari 35 provinsi.

"Dan sampai saat ini, hampir semua sudah tiba di Solo. Padahal, awalnya, 21 provinsi kesulitan memberangkatkan kontingen ke Peparnas XVII ini. Namun sekarang sudah bisa hadir," ujar Ketua Umum NPC Indonesia Senny Marbun, Jumat.

Partisipasi dari 35 provinsi itu menjadi yang pertama kali sejak pesta olahraga multicabang nasional untuk kelompok disabilitas tersebut digelar mulai tahun 1957. 

 

2 dari 3 halaman

Apresiasi Pihak-Pihak Pendukung Peparnas 2024

Sebelum Peparnas 2024, rekor keikutsertaan tersebut terjadi di Peparnas 2016 di Jawa Barat yang menampilkan perjuangan atlet dari 34 provinsi. Pada Peparnas 2021 di Papua, terdapat 30 provinsi yang mengirimkan wakilnya ke Papua.

Oleh karena itu, Senny mengapresiasi kepada semua pihak yang terlibat untuk membantu kesulitan kontingen untuk berkompetisi di Peparnas 2024 termasuk Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Jaksa Agung Republik Indonesia ST Burhanudin dan Jaksa Agung Muda Intelijen Reda Manthovani.

 

3 dari 3 halaman

Pertandingkan 20 Cabang Olahraga

Peparnas 2024 akan mempertandingkan 20 cabang olahraga yaitu para-panahan, para-atletik, para-bulu tangkis, boccia, para-catur, para-balap sepeda, sepak bola cerebral palsy, para-tenis meja, judo tunanetra, para-angkat berat, para-menembak, para-renang, para-taekwondo, voli duduk, tenpin bowling, anggar kursi roda dan tenis kursi roda serta dua cabang olahraga eksibisi yakni para-e-sport dan bola basket kursi roda.

Pertandingan dari 20 cabang olahraga tersebut akan dimulai pada Senin (7/10).

Video Terkini