Sukses

Ketua Pelaksana PEPARNAS 2024: Olahraga Juga Milik Penyandang Disabilitas

PEPARNAS merupakan ajang untuk menunjukkan bahwa olahraga adalah hak semua orang, tanpa terkecuali, termasuk para atlet disabilitas.

Liputan6.com, Surakarta Ketua Pelaksana Pekan Paralimpiade Nasional (PEPARNAS) 2024, D.B. Susanto mengatakan bahwa ajang ini untuk menunjukkan bahwa olahraga adalah hak semua orang, tanpa terkecuali, termasuk para atlet disabilitas.

"Olahraga itu tidak hanya dimiliki oleh insan nondisabilitas, tapi juga saudara-saudara kita yang disabilitas. Lewat PEPARNAS, kita bisa mempersembahkan prestasi dan juga melahirkan bibit-bibit yang nantinya bisa berprestasi di tingkat nasional maupun internasional," ujar Susanto.

Hal itu ia sampaikan dalam santap malam perpisahan (farewell dinner) di Sasana Andrawina Keraton Kasunanan Surakarta, pada Sabtu, 12 Oktober 2024. Acara yang dihadiri oleh perwakilan dari 35 kontingen, menandai penutupan rangkaian pertandingan yang berlangsung sepekan penuh.

Susanto berharap PEPARNAS 2024 dapat menjadi modal para atlet Indonesia menuju laga internasional ASEAN Para Games 2025 yang akan berlangsung di Thailand.

"Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan PEPARNAS XVII Solo 2024. Alhamdulillah berjalan dengan lancar dan baik," ungkap Susanto dalam keterangan resmi yang diterima Liputan6.com.

Susanto mengucapkan terima kasih kepada semua pihak termasuk Keraton Kasunanan Surakarta yang mendukung pelaksanaan event ini. Salah satunya dengan menggunakan maskot kebo bule. 

"Kenapa kita melaksanakan acara malam ini di Keraton, salah satunya adalah di dalam kegiatan PEPARNAS kita memakai maskot kebo bule Kiai Slamet yang merupakan tradisi Keraton Surakarta yang menggambarkan sebuah kekuatan kesejahteraan," tutur Susanto.

 

 

2 dari 3 halaman

PEPARNAS, Momen untuk Lihat Bibit-Bibit Daerah

Selain ajang unjuk gigi para atlet disabilitas, PEPARNAS juga jadi momen untuk melihat bibit-bibit daerah lahir seperti disampaikan sponsor ajang ini yakni dari PT Bayan Resources Tbk Ahmad, Syahrullah selaku sponsor  

“Bibit-bibit atlet yang mungkin selama ini punya potensi tetapi belum bisa terekspos, dia bisa menunjukkan skill di PEPARNAS. Bayan sangat mendukung event ini salah satunya ikut mendukung atlet-atlet yang dari daerah untuk mereka bisa ikut di ajang nasional sehingga harapannya bisa memunculkan atlet baru yang berprestasi," papar Syahrul di kesempatan yang sama.

 

3 dari 3 halaman

PEPARNAS 2024 Dibuka Jokowi

Peparnas XVII Tahun 2024 telah dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Minggu, 6 Oktober 2024.

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan bahwa ajang ini adalah panggung kesetaraan bagi seluruh atlet disabilitas.

"Mari kita sukseskan Pekan Paralimpiade Nasional ini yang tidak hanya sebagai ajang untuk melahirkan para atlet potensial dan para pencetak rekor-rekor baru, tapi juga sebagai panggung kesetaraan bagi seluruh atlet penyandang disabilitas untuk menampilkan kemampuan terbaiknya," kata Jokowi usai membuka Peparnas 2024.

Video Terkini