Sukses

5 Makanan Sehat Bikin Rambut Rontok Jika Dikonsumsi Berlebihan

Hindari konsumsi makanan ini secara berlebihan agar rambut Anda tumbuh dengan tebal, panjang, dan kuat.

 

Liputan6.com, Jakarta Rambut adalah mahkota wanita. Demi mendapatkan rambut sehat, berbagai perawatan dari luar dan dalam pun dilakukan. Salah satu yang harus diperhatikan adalah asupan makanan. Ternyata ada berbagai jenis makanan yang jika dikonsumsi berlebihan justru berdampak buruk bagi kesehatan rambut. Salah satunya bikin rambut rontok dan tipis. Seperti dilansir dari situs Byrdie pada Selasa (15/9/2015).

2 dari 6 halaman

Ikan

Mengejutkan ada ikan dalam daftar makanan yang harus diwaspadai untuk kesehatan rambut. Jangan panik dulu, ikan yang dimaksud adalah ikan dengan banyak kandungan mercury. Mercury akan mengganggu pembentukan protein dan mengganggu penyerapan zinc untuk pembentukan keratin. Tenang, Anda penggemar ikan tetap bisa mengkonsumsi ikan dengan jumlah yang tidak lebih dari 12 ons per minggu.

3 dari 6 halaman

Gula yang Diproses

Bukan hanya buruk untuk kulit, gula yang telah diproses juga tidak baik untuk rambut. Gula menyebabkan tingkat insulin Anda meningkat, di mana juga menyebabkan hormon androgen meningkat. Hormon androgen adalah hormon yang dapat merusak dan mengecilkan folikel rambut. Jika folikel rambut rusak dan mengecil, maka Anda tidak akan memiliki rambut yang kuat.

4 dari 6 halaman

Jus Pencuci Perut

 

Jus pencuci perut ini mengandung banyak gula dan tidak memiliki kandungan protein.
 Seperti yang dibahas sebelumnya, kandungan gula yang tinggi menyebabkan tingkat insulin dan hormon androgen meningkat, sehingga membuat rambut Anda rontok dan tipis.

5 dari 6 halaman

Makanan Protein Rendah

Untuk dapat tumbuh sehat, panjang dan kuat, rambut memerlukan protein. Makanan dengan protein yang rendah membuat rambut Anda jadi lebih tipis dan tidak sehat.

6 dari 6 halaman

Vitamin A

Konsumsi vitamin A yang berlebihan dapat menjadi racun bagi rambut. Vitamin A akan memperkecil kelenjar minyak pada kulit kepala Anda yang seharusnya digunakan untuk menjaga kelembapan batang rambut. Jika batang rambut kering, rambut Anda akan lebih mudah patah dan rontok. (Ern/Nad)

Video Terkini