Sukses

Busana Pengantin Kahiyang Ayu di Mata Desainer Didiet Maulana

Berikut pendapat desainer papan atas Indonesia, Didiet Maulana, saat melihat busana pengantin Kahiyang Ayu.

Liputan6.com, Jakarta Kahiyang Ayu sudah resmi menjadi istri Bobby Nasution. Selain rangkaian acara adat, busana pengantin yang dikenakan Kahiyang juga menjadi sorotan masyarakat. Bahkan, desainer papan atas Tanah Air, Didiet Maulana, juga memberikan pendapatnya saat diwawancarai oleh Liputan6.com, Rabu (8/11/2017).

Desainer mode Didiet Maulana

Menurut Didiet, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution terlihat elegan dalam busana adat pengantin Solo berbahan beludru dan sulaman benang emas menawan. Proporsi bentuk kebaya kutu baru sesuai dan cocok dengan bentuh tubuh Kahiyang Ayu.

"Elegan penampilannya. Busana adat ini sesuai dengan Kahiyang dan Bobby," kata Didiet saat diwawancarai Liputan6.com.

Didiet Maulana juga menambahkan, seluruh aksesori yang digunakan melengkapi penampilan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution dengan maksimal pada hari bahagia ini. 

"Penampilan semakin sempurna dengan tambahan aksesori sundhuk mentul dan centung, serta sisir yang digunakan sebagai headpiece," ucap Didiet.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Makna di balik busana tradisional

Desainer yang identik dengan karyanya yang menggunakan kain Nusantara ini juga memberikan pandangan terhadap baju kedua orangtua mempelai, yaitu Jokowi dan Iriana. 

"Ibu pengantin dan ayahanda memakai kain sindhur yang menandakan pihak yang membuat pesta. Kain sindhur dipakai di pinggang berwana merah putih. Kain sindhur dibuat dengan proses ikat-celup atau jumputan. Kain Sindur mengandung filosofi dalam bagi masyarakat Jawa dengan arti sebuah proses lingkaran kehidupan," ucap Didiet Maulana.

Dengan penampilan khas adat Jawa yang ditampilkan Jokowi dan kelurga dalam pernikahan Kahiyang Ayu ini menurut Didiet merupakan apresiasi yang tinggi akan nilai-nilai budaya.

"Jokowi dan keluarga ingin memberikan sebuah impresi untuk kembali ke pakem tradisional agar kita semakin bangga memakai busana tradisional," tutup Didiet.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini