Sukses

9 Produk Makeup dan Waktu Ideal untuk Menggantinya

Sebagai pengguna makeup, Anda perlu tahu kapan musti menggantinya

Liputan6.com, Jakarta Tidak seperti barang lainnya, produk makeup merupakan bahan kimia yang memiliki batas waktu pemakaian atau tanggal kedaluwarsa. Dalam batas waktu pemakaian tertentu, produk makeup akan sudah tidak lagi berfungsi dengan baik.

Beberapa produk makeup akan mengalami perubahan formula yang memungkinkan timbulnya efek samping jika masih digunakan. Efek samping terburuknya, produk makeup yang sudah tidak layak pakai akan menimbulkan infeksi. Dikutip dari Purewow pada Jumat (20/7/2018), Anda bisa mengganti produk makeup dalam periode waktu tertentu berdasarkan formula dan teksturnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Foundation cair

Sebaiknya, Anda mengganti produk foundation setiap enam hingga satu tahun sekali. Akan lebih baik jika produk foundation sudah habis sebelum itu. Jika Anda mengaplikasikan foundation dengan kuas, pastikan Anda rutin mencuci kuas agar terhindar dari bakteri.

2. Makeup bertekstur krim

Concealer atau blush on dengan tekstur krim sebaiknya diganti setiap enam hingga setahun sekali. Tekstur krim lebih rentan dengan perubahan tekstur yang menggumpal.

3. Lipstik

Lipstik bisa bertahan selama lebih dari satu tahun. Namun jika lipstik Anda sudah meleleh, sebaiknya dibuang. Untuk mengawetkan lipstik, Anda bisa meletakkanya di tempat yang dingin dan sejuk seperti di kulkas.

3 dari 4 halaman

4. Makeup bertekstur bubuk

Berbeda dengan tekstur krim, makeup dengan tekstur bubuk akan lebih bertahan selama lebih dari dua tahun. Anda hanya perlu rutin membersihkan kuas dan tempatnya untuk membuat produk makeup ini bertahan lama.

5. Eyeliner

Eyeliner dengan formula cair akan lebih cepat mengering. Biasanya, eyeliner cair baik digunakan dalam tiga bulan, sementara eyeliner pensil dapat digunakan dalam dua tahun.

6. Pelembap wajah

Pelembap wajah denga kemasan tub akan baik digunakan dalam waktu enam bulan. Sementara dengan kemasan pompa akan bertahan selama satu tahun. Dengan kemasan pompa akan memungkinkan pelembap wajah terbebas dari kontaminasi bakteri.

4 dari 4 halaman

7. Tabir surya

Karena fungsi tabir surya adalah untuk melembapkan kulit, sangat penting untuk Anda mengetahui kapan tanggal kadaluarsanya. Jika tidak, formula tabir surya akan berubah dan fungsinya yang melindungi kulit dari sinar UV akan menurun.

8. Cat kuku

Cat kuku yang sudah alam memang tidak akan menginfeksi kutikula atau menjadikan kuku rapuh. Namun akan menimbulkan efek gelembung. Sebaiknya, gunakan cat kuku tersebut dalam waktu satu tahun.

9. Parfum

Parfum menjadi produk kosmetik yang memiliki masa paling lama. Sekitar delapan hingga 10 tahun. Anda hanya perlu menjauhkan parfum kesayangan Anda dari sinar matahari dan kelembapan untuk mempertahankan aroma aslinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.