Sukses

5 Serba-Serbi Seputar Jerawat dan Cara Mengatasinya

Berikut serba-serbi seputar jerawat yang wajib Anda ketahui dan cara mengatasinya.

Liputan6.com, Jakarta Tentu saja, jerawat adalah musuh semua orang. Selain menyakitkan, jerawat juga membuat penampilan menjadi tidak sempurna.

Jerawat memulai lima tahapan sebelum benar-benar muncul pada permukaan kulit Anda, dimulai dari miskroskopis, dan dalam beberapa hari saja ukurannya bisa bertambah besar empat kali lipat. Dilansir dari self.com, Kamis (2/8/2018), berikut ini adalah beberapa tahapan sampai jerawat benar-benar muncul di permukaan kulit, penasaran?

1. Jerawat yang tidak terlihat

Jerawat pada tahap ini memang tidak terlihat, namun ternyata ada peradangan di sekitar folikel rambut yang menjadi predisposisi jerawat. Anda bisa menggunakan pembersih wajah yang mengandung asam salisilat untuk mengatasi jerawat pada tahap ini.

2. Benjolan merah kecil

Ini adalah pertanda awal bahwa ada pori-pori yang tersumbat. Tidak ada yang bisa Anda lakukan kecuali mencuci bersih wajah dari semua kotoran dan makeup yang menempel, di malam hari untuk mencegah munculnya jerawat.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tahapan jerawat sampai benar-benar muncul di permukaan kulit

3. Komedo

Pada tahap ini, folikel sudah terisi dengan minyak, terkadang bahkan kotoran atau sel kulit mati. Ini tahapan di mana Anda menyadari bahwa jerawat telah muncul.

Penggunaan asam salisilat bisa membantu membuka folikel yang tersumbat dan mengangkat minyak yang tersumbat ke permukaan kulit. Atau Anda juga bisa mencoba benzoil peroksida.

4. Benjolan yang meradang

Benjolan merah yang tadinya kecil berubah menjadi meradang dan terasa menyakitkan. Ini tahapan di mana Anda ingin sekali memencet agar jerawat cepat keluar, benar?

Jangan. Lakukan spot treatment dengan produk yang mengandung benzoyl peroxide untuk meredakannya.

3 dari 3 halaman

Tahapan jerawat sampai benar-benar muncul di permukaan kulit

5. Jerawat kista

Ini adalah akhir dari siklus kehidupan jerawat dan merupakan tahapan terburuk dari semuanya. Kelenjar minyak sudah terbentuk di bawah kulit dan terisi dengan minyak, bisa menjadi besar dan menyakitkan.

Apabila jerawat kerap kambuh di tempat yang sama. Cobalah melakukan perawatan untuk kulit berjerawat secara rutin, agar peradangan yang terjadi berkurang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.