Sukses

Pemerintah Akan Membeli Obligasi Jatuh Tempo

Dana pembelian obligasi jatuh tempo diambil dari sisa anggaran dan hasil penjualan aset BPPN. Penjualan obligasi akan dilakukan bertahap di Bursa Efek Surabaya.

Liputan6.com, Jakarta: Pemerintah mulai hari ini secara bertahap akan membeli kembali obligasi negara yang jatuh tempo pada 2004. Dana pembelian tersebut diambil dari sisa anggaran dan hasil penjualan aset Badan Penyehatan Perbankan Nasional. Demikian dikatakan Direktur Jenderal Lembaga Keuangan Departemen Keuangan Darmin Nasution di Jakarta, baru-baru ini.

Tapi, menurut Darmin, pembelian tersebut diutamakan yang berbunga tetap: 12-12,5 persen serta yang jatuh tempo pada 2004 dan 2005. Pembelian dilakukan melalui lelang terbuka secara bertahap di Bursa Efek Surabaya, Jawa Timur.

Sementara ditemui SCTV di tempat terpisah, Chief Financial Officer Bank Danamon Vera Eve Lim mengatakan, akan ambil bagian dalam program pemerintah tersebut. Tapi pihaknya hanya akan melepas tak lebih dari 5 persen atau 20 persen dari total aset sampai Desember mendatang. Sekadar informasi, hingga Juni 2003, jumlah obligasi Bank Danamon mencapai Rp 13,3 triliun. Jumlah ini turun Rp 22 triliun dibanding periode yang sama pada tahun silam.(ICH/Christiyanto dan Adi Iskarpandi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini