Sukses

Rongsokan Pesawat Presiden Trajkovski Ditemukan

Tim SAR Macedonia juga menemukan jasad Presiden Trajkovski beserta seluruh penumpang dan awak pesawat. Belum dipastikan penyebab musibah, walau diyakini terkait dengan cuaca yang buruk saat kejadian.

Liputan6.com, Stolac: Tim Search and Rescue Macedonia memastikan bahwa tidak ada yang selamat dalam kecelakaan pesawat Super King Air B-200 tipe Beechcraft bermesin ganda yang ditumpangi Presiden Boris Trajkovski. Kepastian itu diperoleh setelah Tim SAR menemukan rongsokan pesawat nahas tersebut di dekat sebuah tambang, antara Mostar dan Stolac, Jumat (27/2). Di kawasan yang pernah menjadi garis depan Perang Bosnia 1992-1995 ini, tim menemukan jasad Presiden Trajkovski beserta seluruh penumpang dan awak pesawat.

Tim menduga, pesawat jatuh hanya beberapa menit sebelum mendarat di sebuah landasan di Kota Mostar. Namun tim belum bisa memastikan penyebab jatuhnya pesawat itu. Untuk sementara diduga ada kaitannya dengan kabut tebal dan hujan di lokasi tersebut pada saat kecelakaan [baca: Presiden Macedonia Tewas dalam Kecelakaan Pesawat].

Di bagian lain, Perdana Menteri Macedonia Branko Crvenkovski kini berada di Kota Skopje untuk menemui Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Javier Solana. Semula Solana hadir dengan maksud menerima aplikasi dari Crvenkovski untuk keanggotaan Macedonia dalam Uni Eropa. Namun rencana penyerahan aplikasi itu dibatalkan menyusul kabar kematian Presiden Trajkovski.

Selama ini, negara-negara Barat memandang Presiden Trajkovski sebagai negarawan pemberani. Ia juga dikenal sebagai moderat yang telah membantu mencegah pecahnya perang antara suku etnis Macedonia dan Albania pada 2001 lalu.(DEN/Nlg)