Sukses

Pemenang Kuis Mega Fakta Diumumkan

Yayasan IMM mengumumkan pemenang kuis Mega Fakta untuk wilayah luar Jakarta, mulai hari ini. Pemenang di wilayah Jakarta beredar di sebuah situs internet dengan catatan masih berbentuk draf.

Liputan6.com, Jakarta: Yayasan Investigasi Mediasi dan Monitoring (IMM) mengumumkan pemenang kuis Mega Fakta, Kamis (21/10). Pengumuman pemenang kuis dengan total hadiah Rp 14,1 miliar ini baru dilakukan untuk pemenang di luar Jakarta seperti Jawa Timur, Jambi, dan Manado, Sulawesi Utara. Daftar pemenang diumumkan di media massa lokal. Menurut Direktur Yayasan IMM Ignas Iriyanto di Jakarta, pemenang di wilayah Jakarta baru diumumkan Jumat besok karena kendala periklanan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun SCTV, pemenang hadiah untuk wilayah Jakarta juga sudah diumumkan melalui sebuah situs internet. Namun, dalam situs itu diterangkan bahwa daftar pemenang ini hanya draf. Jika terdapat perbedaan dengan daftar pemenang di media lain, yang benar adalah data di kantor notaris.

Yayasan IMM memberikan hadiah berupa asuransi pendidikan untuk 96 pemenang utama senilai masing-masing Rp 100 juta dan 1.500 pemenang tambahan masing-masing Rp 3 juta. Sponsor pemberian hadiah kuis mega fakta ini adalah tiga bank pemerintah yaitu Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia, dan Bank Negara Indonesia. Sementara sejumlah sponsor lain menarik diri sehingga menyulitkan yayasan IMM untuk pembayaran iklan media massa. Pada awalnya, sejumlah badan usaha milik negara seperti Indosat dan PT Gas Negara dikabarkan ikut mendanai kuis ini atas permintaan Megawati Sukarnoputri dan Hasyim Muzadi untuk kepentingan kampanye pemilihan presiden.

Sejak awal kemunculan, Kuis Mega Fakta memicu kontroversi di masyarakat karena dituding kampanye terselubung pasangan Megawati-Hasyim. Kuis itu berisi pertanyaan untuk memilih tiga dari empat fakta sebagai rekor terbaik dalam sejarah perokonomian nasional. Jawaban yang diberikan antara lain soal tingkat suku bunga rendah, cadangan devisa yang mencapai rekor tertinggi, atau intensitas penerimaan pajak tertinggi sepanjang masa [baca: Kampanye Berselubung Sayembara ala IMM].(ZAQ/Joy Astro dan Juhri Samaneri)