Sukses

Uang Nasabah Bank Global Dibayar

Sebanyak 1.685 rekening nasabah Bank Global dengan total Rp 1,885 miliar dibayar BNI mulai hari ini hingga enam bulan mendatang. Sebagian nasabah Bank Global mempertanyakan kinerja Bapepam dan BI.

Liputan6.com, Jakarta: Sebagian nasabah Bank Global mendapatkan kembali dana mereka mulai Kamis (3/2) siang. Ratusan nasabah terlihat antre di Kantor Pusat Bank Global di Jalan Gatot Soebroto, Jakarta Selatan, sejak pagi tadi. Bank Negara Indonesia yang ditunjuk sebagai pembayar dana nasabah menurunkan puluhan pegawai dari Kantor BNI cabang Mayestik, Jakarta Selatan dan BNI cabang Bandung, Jawa barat. Untuk tahap pertama, rekening yang akan dibayarkan berjumlah 1.685 rekening dengan total dana Rp 1,885 miliar [baca: Pembayaran Dana Nasabah Global Mulai 3 Februari]

Kendati hari pertama pembayaran dana nasabah Bank Global digelar hari ini, tak semua nasabah mendapatkan kembali uangnya. Mariana, misalnya. Wanita ini mempertanyakan lembaga penjamin yang ternyata tak melaksanakan tugasnya. Sebanyak Rp 3,855 miliar dana nasabah Bank Global ternyata tak dijamin. "Kita nggak bisa tidur," kata Mariana berapi-api.

Karena itulah, Marianna dan sejumlah nasabah yang hingga kini belum terdaftar, berunjuk rasa di Kantor Pusat Bank Global. Beragam spanduk digelar sebagai bentuk ketidakpuasan. Di antaranya mempertanyakan kinerja Badan Pengawas Pasar Modal (Bapepam) dan Bank Indonesia. Sebagian spanduk juga meminta Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wapres Jusuf Kalla membantu mereka.

Menanggapi tuntutan itu, pimpinan BNI cabang Mayestik Bambang Irawan meminta para nasabah bersabar. Menurut Bambang, BI saat ini sedang mendata nama-nama nasabah Bank Global yang tak tercantum dalam daftar. Awal Maret mendatang hasil verifikasi diperkirakan diumumkan. Pembayaran dana nasabah Bank Global dilakukan hingga enam bulan mendatang.(YAN/Winny Arnold dan Budi Sukmadianto)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini