Sukses

Ratusan Nasabah Bank Global Kecewa

Ratusan nasabah bank Global tak terdaftar dalam pemilik tabungan yang mendapat program penjaminan. Hari ini BNI hanya membayarkan 20 rekening yang rata-rata berjumlah kurang dari Rp 5 juta.

Liputan6.com, Jakarta: Hari pertama pembayaran dana nasabah Bank Global pada Kamis (3/2) ini mengecewakan nasabah. Ratusan nasabah yang memadati Kantor Pusat Bank Global di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, tak menemukan nama mereka dalam daftar pemilik tabungan yang mendapat program penjaminan. Nasabah yang khawatir tak menerima kembali uang mereka langsung berdemonstrasi.

Dana nasabah Bank Global yang dibayarkan oleh Bank Nasional Indonesia cabang Mayestik yang ditunjuk sebagai bank pembayar hanya berjumlah Rp 12 juta dari 20 rekening. Padahal untuk hari ini ditargetkan, 1.685 rekening dengan total dana Rp 1,885 miliar terbayarkan.

Hasil verifikasi sementara terhadap rekening nasabah Bank Global menunjukkan 30,09 persen dari total rekening tabungan dan giro bersaldo positif. Sedangkan 3.893 rekening senilai Rp 400 miliar lebih akan diverifikasi hingga awal Maret mendatang. Bagi nasabah yang belum tercantum dalam data penjaminan tahap pertama dapat mengecek kembali pada penjaminan tahap berikutnya.

Kecilnya jumlah dana yang dibayar hari ini karena daftar nasabah yang diumumkan Unit Pelaksana Penjaminan Pemerintah (UP3) hanya nasabah yang rata-rata memiliki tabungan di bawah Rp 5 juta. Pihak BNI cabang Mayestik hanya bisa meminta nasabah yang tidak terdaftar untuk bersabar hingga UP3 menyelesaikan verifikasi tahap kedua, awal Maret mendatang [baca: Uang Nasabah Bank Global Dibayar].(YAN/Winny Arnold dan Budi Sukmadiyanto)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.