Sukses

Al-Zarqawi Menuding Pemerintah Irak Sekutu AS

Pimpinan Al-Qaidah di Irak, Abu Musab al Zarqawi, menuding kelompok Syiah sebagai sekutu AS dan menyebut mereka sebagai seorang murtad. Keaslian suara Al-Zarqawi dalam rekaman tersebut belum bisa dikonfirmasikan.

Liputan6.com, Baghdad: Pimpinan Al-Qaidah di Irak, Abu Musab al Zarqawi, menuding kelompok Syiah sebagai sekutu Amerika Serikat dan menyebut pimpinan Irak sebagai seorang yang murtad. Zarqawi juga menilai kelompok Syiah telah membuat kelompok Sunni menderita. Pernyataan Zarqawi melalui rekaman suara itu ditampilkan di sebuah situs internet, baru-baru ini. Rekaman ini juga pernyataan pertama Zarqawi sejak kelompok Syiah menduduki kursi kekuasaan di Irak, awal Mei.

Sejauh ini, keaslian suara Zarqawi dalam rekaman tersebut belum bisa dikonfirmasikan. Tapi, rekaman ini memiliki kesamaan dengan suara Zarqawi terdahulu. Militer AS sendiri mengatakan, Zarqawi atau pembantunya telah melakukan pertemuan di Suriah untuk merencanakan serangkaian peledakan dan serangan di seluruh Irak. Sepanjang Mei ini telah terjadi 21 kali bom mobil, jauh lebih banyak ketimbang bulan sama pada tahun silam [baca: Tujuh Mayat Korban Pembunuhan Ditemukan di Irak].(ORS/Ijx)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.