Sukses

Pengadilan Cile Mencabut Kekebalan Hukum Pinochet

Kekebalan hukum mantan diktator Cile Augusto Pinochet dalam kasus penggelapan pajak dicabut. Pinochet dapat dihukuman lima tahun penjara jika terbukti menggelapkan pajak senilai US$ 9,2 juta.

Liputan6.com, Santiago: Pengadilan tingkat banding Cile mencabut kekebalan hukum mantan diktator Jenderal Augusto Pinochet dalam kasus penggelapan pajak. Keputusan ini diambil melalui pemungutan suara dalam sidang yang digelar di ibu kota Santiago, Cile, baru-baru ini. Sebanyak 21 suara mendukung pencopotan kekebalan hukum Pinochet.

Pinochet dituduh menghindari pajak atas sejumlah rekening senilai US$ 8 juta yang disimpan di Bank Riggs di Washington D.C., Amerika Serikat. Namun, rekening Pinochet itu telah ditutup setahun silam setelah senat AS membentuk komite investigasi. Selain di Bank Riggs, ia memiliki beberapa rekening di bank-bank di luar Cile [baca: Kekebalan Hukum Pinochet Diminta Dicabut].

Secara keseluruhan, Pinochet dituding telah menggelapkan pajak sebesar US 9,2 sejak 1984 hingga 2004. Jika terbukti telah menggelapkan pajak, Pinochet dapat dikenai hukuman lima tahun penjara.(TOZ/Ijx)