Sukses

Pembangkit Listrik Tenaga Ombak Pertama Didirikan

Pembangkit listrik tenaga ombak air laut pertama akan didirikan di New South Wales, Australia. Listrik ini mampu menerangi 2000 rumah, ramah lingkungan, dan diharapkan menjadi solusi krisis energi.

Liputan6.com, Sydney: Air laut memiliki banyak manfaat. Salah satunya, menghasilkan energi listrik dari pusat pembangkit listrik tenaga ombak. Melalui pembangkit listrik ini, energi besar yang dimiliki ombak dapat diubah menjadi tenaga listrik. Listrik dari tenaga ombak ini diharapkan dapat menjadi solusi bagi krisis energi yang terjadi akhir-akhir ini.

Langkah ini telah dirintis di New South Wales, Australia, baru-baru ini. Pembangkit listrik itu mempunyai luas seperempat lapangan sepak bola dan tingginya setara gedung bertingkat lima. Pembangkit listrik tenaga ombak pertama ini nantinya akan diletakkan 200 meter dari garis pantai.

Ombak yang datang akan memasuki sebuah lorong dan menciptakan tiupan udara dengan kecepatan mencapai 400 kilometer per jam. Aliran udara itu selanjutnya dimanfaatkan untuk memutar turbin pembangkit. Listrik yang dihasilkan diperkirakan sanggup menerangi 2.000 rumah. Keuntungan lain pembangkit listrik ini, tak menghasilkan gas emisi hingga ramah lingkungan. Selain itu, alat pembangkit itu dapat dioperasikan dari mana saja melalui sambungan internet.(MAK/Ijx)