Sukses

AS Mewaspadai Flu Burung

Pemerintah Amerika Serikat mulai melakukan berbagai langkah pencegahan untuk mengantispasi penyebaran flu burung. Pakar kesehatan memprediksi wabah flu burung bisa menyebar dalam hitungan pekan.

Liputan6.com, Washington D.C.: Pemerintah Amerika Serikat mulai mengambil beberapa langkah preventif untuk mewaspadai kemungkinan penyebaran pandemi flu burung ke wilayahnya. Para pakar kesehatan AS, baru-baru ini, memprediksi jika pandemi flu burung tidak segera dibendung wabah itu akan sampai di AS dalam hitungan bulan atau bahkan pekan. Selain dari Selatan, flu burung juga dianggap berpotensi memasuki AS dari arah Utara yaitu Alaska, akibat migrasi burung musiman.

Upaya pencegahan yang diambil antara lain, meningkatkan kapasitas produksi vaksin sampai sepuluh kali lipat dan mengarantina areal-areal yang terinfeksi virus mematikan ini. Para pengelola peternakan diharuskan secara teratur menggunakan disinfektan di kandang-kandang serta mencuci pakaian dan mandi bersih setelah kontak dengan unggas.

Virus flu burung mulai merambah Benua Amerika. Dua hari silam, unggas di tiga peternakan ayam di Kolombia, Amerika Selatan, terserang virus flu burung [baca: Pandemi H5N1 Telah Merambah ke Kolombia]. Sebelumnya, flu burung telah menjadi pandemi di Asia kemudian menyebar ke Rusia, Rumania, dan Turki.(TNA/Nlg)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini