Sukses

Astronot Pertama Eropa Segera Mengangkasa

Umberto Guidoni akan menjadi warga Eropa pertama yang mengangkasa. Ia akan ikut misi pesawat ulang alik STS-100 milik AS yang akan meluncur dari Houston, AS, besok.

Liputan6.com, Houston: Umberto Guidoni, pria asal Italia, akan menjadi warga Eropa pertama menjelajahi angkasa luar. Guidoni terpilih sebagai anggota misi pesawat ulang alik STS-100. Pesawat itu akan diluncurkan dari Stasiun Badan Penerbangan dan Ruang Angkasa Amerika Serikat (NASA), Houston, Kamis (19/4) besok.

Guidoni mengisahkan, sejak kecil, ia telah mengagumi Neil Amstrong, astronot AS yang menjadi manusia pertama menginjakkan kaki di Bulan tahun 1969 lampau. Hal itulah yang mendorong dirinya mengikuti kesuksesan Amstrong, sehingga pakar fisika antariksa itu terpilih dalam misi tersebut.

Sementara itu, Selasa pekan ini, persiapan misi telah berlangsung di Stasiun NASA, Houston. Pesawat ulang alik itu akan membawa perlengkapan untuk Stasiun Alpha --sebuah stasiun angkasa luar internasional. Selain itu, seluruh anggota misi, termasuk Guidoni akan menguji ketahanan fisik, antara lain dengan berenang dalam pakaian astronot di kolam renang.(ANS/Jsi)