Sukses

OPEC Akan Mengurangi Produksi Minyak Mentah

OPEC akan mengurangi jumlah produksi minyak mentah 1,2 juta barel per hari pada empat tahun terakhir ini. Pengurangan produksi dimaksudkan untuk menjaga stabilitas harga minyak dunia yang sempat anjlok.

Liputan6.com, Doha: Organisasi Negara Penghasil Minyak Dunia (OPEC) sepakat mengurangi jumlah produksi minyak mentah 1,2 juta barel per hari. Pengurangan akan diberlakukan mulai 1 November mendatang. Keputusan menurunkan produksi minyak mentah dihasilkan usai menteri dari 10 negara OPEC bertemu di Doha, Qatar, Kamis (19/10).

Menurut juru bicara OPEC Omar Farouk Ibrahim, pengurangan produksi minyak mentah tidak berlaku untuk di Irak. Sebab, kondisi di Negara 1001 Malam itu belum pulih setelah Saddam Hussein terguling. Ibrahim menambahkan, pengurangan produksi pertama dalam waktu empat tahun terakhir. Tindakan ini dilakukan untuk menjaga stabilitas harga minyak dunia yang sempat anjlok ke level US$ 58 per barel pada dua pekan silam.

Usai pertemuan di Doha, para menteri negara anggota OPEC akan kembali bertemu di Abuja, Nigeria, Desember mendatang. Salah satu agenda utama yang kemungkinan dibahas adalah menyoroti masalah pengurangan produksi lagi. Adapun berdasarkan kabar yang beredar, OPEC akan memotong produksi hingga 500 ribu barel per hari.(DNP)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini