Sukses

Dua Gempa Hebat Menggoyang Taiwan

Gempa hebat di Taiwan terasa hingga ke Hongkong dan wilayah selatan Cina. Di Kaoshung dan Pingtung jaringan kabel telepon dan listrik terputus.

Liputan6.com, Taiwan: Dua gempa berkekuatan besar mengguncang Taiwan, Selasa (26/12). Episentrum gempa berada 22,8 kilometer barat daya Semenanjung Penisula dengan kedalaman 10 kilometer. Gempa terasa hingga ke Hongkong dan wilayah selatan Cina.

Media massa setempat melaporkan, setidaknya seorang tewas akibat gempa. Korban tertimpa reruntuhan bangunan rumahnya. Sementara di Kaoshung dan Pingtung jaringan kabel telepon dan listrik terputus.

Badan Geologi Amerika Serikat mencatat, gempa pertama berkekuatan 7,2 skala Richter (SR) terjadi sekitar pukul 08.26 waktu setempat. Gempa susulan mengguncang delapan menit kemudian berkekuatan 7 SR.

Namun Biro Meteorologi Pusat Taiwan menyebutkan, gempa pertama berkekuatan 6,7 SR. Sementara gempa kedua hanya berkekuatan 6,4 SR.

Yang pasti gempa sempat membuat sistem peringatan dini tsunami menyala. Bahkan Badan Meterologi Jepang menduga tsunami setinggi satu meter kemungkinan menerjang Filipina. Tapi pemerintah Filipina mengatakan tak ada tsunami di wilayah mereka.

Pusat Peringatan Dini Tsunami Pasifik menyebutkan, gempa di Taiwan tak menyebabkan tsunami di Samudera Pasifik. Namun tsunami lokal masih mungkin terjadi.

Taiwan memang kerap digoyang gempa mengingat letaknya persis berada di lingkaran api pasifik. Gempa hebat pernah mengguncang Taiwan pada 1999 dengan kekuatan 7,6 SR dan menewaskan 2.300 orang.(ICH)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.