Sukses

Gempa Taiwan Mengganggu Layanan Internet

Gempa bumi yang dua kali mengguncang Taiwan mengganggu layanan telekomunikasi di Hongkong, Korea Selatan, dan Taiwan. Perusahaan telepon Hongkong (PCCW) mengaku kapasitas data mereka berkurang hingga separuh.

Liputan6.com, Ping Dong: Gempa yang mengguncang Taiwan selain menewaskan dua orang juga merusak enam saluran kabel telekomunikasi bawah laut. Kerusakan ini mengganggu layanan telekomunikasi di Hongkong, Korea Selatan, dan Taiwan, hingga Rabu (27/12).

Salah satu perusahaan telekomunikasi yang merasakan dampak gempa di Taiwan itu adalah perusahaan telepon Hongkong (PCCW). Perusahaan yang menyediakan layanan internet itu mengaku kapasitas data mereka berkurang hingga separuh. Akibatnya, banyak pengguna internet tak bisa mengakses situs internet di sebagian wilayah Amerika Serikat, Taiwan, dan Korea Selatan.

Gempa bumi di Taiwan itu berkekuatan 6,7 skala Richter dengan episentrum 22,8 kilometer arah barat daya Taiwan dan kedalaman 10 kilometer. Gempa kedua datang dengan kekuatan 6,4 SR yang menyebabkan dua orang tewas tertimpa bangunan runtuh dan 42 lain terluka [baca: Dua Gempa Hebat Menggoyang Taiwan].

Gempa yang terasa hingga Hongkong dan wilayah selatan Cina itu langsung memicu peringatan dini tsunami yang dipasang di Taiwan bagian selatan dan Filipina. Badan Meteorologi Jepang juga termasuk yang memperingatkan bahaya tsunami setinggi satu meter di wilayah selatan Filipina. Warga di Laoag, Filipina sempat panik tapi untunglah tak ada tsunami.(YAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.