Sukses

Pesawat Rusia Jatuh, 145 Penumpang Tewas

Seluruh penumpang pesawat komersial Vladivostokavia Airline yang jatuh di Siberia dipastikan tewas. Pesawat jenis Tupolev Tu-154 milik Rusia itu membawa 145 penumpang.

Liputan6.com, Irkutsk: Sebanyak 145 penumpang pesawat komersial milik Rusia, Vladivostokavia Airline, yang jatuh di Siberia, Selasa (3/7), dipastikan tewas. Pesawat buatan Rusia berjenis Tupolev Tu-154 itu jatuh di kawasan hutan di pedalaman Siberia atau sekitar 30 kilometer dari Irkutsk alias 4.200 kilometer sebelah timur Moskow. Jawatan Penyelematan Siberia menyatakan, pesawat jatuh di kawasan antara Irkutsk dan Danau Baikal.

Pesawat komersial itu berangkat dari Yekaterinburg di Pergunungan Ural dengan tujuan Vladivostok, pelabuhan udara terbesar Rusia yang berada di kawasan Pacifik. Sebelum kecelakaan, pesawat terlihat dua kali mencoba mendarat di Irkutsk untuk mengisi bahan bakar. Pesawat tiba-tiba oleng dan mengalami kecelakaan pada upaya pendaratan ketiga. Pesawat dilaporkan hilang dari layar radar pada Selasa, sekitar pukul 21.10 waktu Moskow.

Pantauan dari lokasi menyatakan, pesawat terbakar begitu menyentuh daratan. Yang tertinggal hanya puing-puing besi panas. Menilik kondisi itu, dipastikan tidak satu pun penumpang selamat, termasuk seluruh bagasi dan kabin penumpang dalam kargo pesawat.

Pesawat jenis Tupolev Tu-154 itu memiliki tiga mesin dan berkapasitas angkut sampai 180 orang. Di kalangan penerbang Rusia, Tupolev 154 memang mempunyai catatan buruk. Sejak diproduksi tahun 1968, pesawat jenis ini telah mengalami 28 kali kecelakaan.(TNA/Jsi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini