Sukses

Top 5 Internasional: Tragedi 9/11 Paling Dikenang

Tangis warga AS menggema ke seluruh antero negeri. Dunia pun turut berkabung dan mengenangnya sebagai tragedi 9/11 atau 11 September.

Liputan6.com, Jakarta - Pada 11 September, 13 tahun silam, teroris menyerang jantung Amerika Serikat. Dalam sehari, teroris beberapa kali menyerang yang salah satunya menghantam menara World Trade Center (WTC). Tangis warganya pun menggema ke seluruh antero negeri. Dunia pun turut berkabung dan mengenangnya sebagai tragedi 9/11 atau 11 September.

Tragedi itu masih terkenang dan beritanya pun menjadi pemenang sepanjang Kamis 11 September 2014. Selain itu ada berita lainnya yang terpavorit di hati pembaca Liputan6.com.

Berikut 5 berita yang paling sedot perhatian:

1. Lemari Korban 9/11 Dibuka

Butuh waktu hampir 13 tahun bagi Dorry Tompsett untuk mengumpulkan keberanian, memutar anak kunci dan membuka pintu lemari yang sekian lama tertutup rapat itu. Sejak suaminya Stephen Tompsett, ilmuwan komputer, tewas saat peristiwa teror 9/11, 11 September 2001 lalu.

Isi lemari itu masih utuh dan tak tersentuh. Di dalamnya stelan yang berderet di gantungan, tumpukan kemeja, kaus kaki, dan sepatu.  

Selengkapnya: Lemari 'Keramat' Korban 9/11 Akhirnya Dibuka Setelah 13 Tahun

2. Jilatan Api Badai Matahari

Badai sedang berkecemuk di permukaan Matahari. Badai matahari. Dan Bumi berada di garis bidiknya. Sang Surya siap melepaskan sebuah suar (solar flare) kelas-X -- jenis terkuat -- pada 10 September 2014 pukul 1.45 EDT atau 00.45 WIB, Senin 11 September 2014.

Suar dilecutkan dari bagian Matahari yang menghadap Bumi, yang dikenal sebagai Active Region 2158, yang sebelumnya juga menembakkan suar berkategori intensif. Kedua peristiwa cuaca angkasa itu ditangkap oleh satelit pengawas Surya, Solar Dynamics Observatory milik Badan Luar Angkasa Amerika Serikat (NASA).

Lantas apakah kondisi ini akan berbahaya bagi manusia? Selengkapnya baca di sini

3. 11 Fakta Tragedi 9/11

Jantung Amerika Serikat diserang oleh teroris pada 11 September, 13 tahun silam. Serangan yang membuat gempar dunia itu salah satu menghantam menara World Trade Center (WTC). Tangis warga pun menggema ke seantero negeri. Dunia berkabung dan mengenangnya tragedi mengenaskan tersebut

Cerita dari serangan teroris itu simpang siur. Beragam media memiliki versinya sendiri, meski ada beberapa kesamaan di dalamnya. Namun ada 11 fakta dari insiden yang dikenal dengan Peristiwa 9/11 tersebut.

Apa saja fakta tersebut? Selengkapnya baca di sini.

4. Siksa Anak untuk Pemujaan Setan

Seorang ibu di Meksiko diganjar atas tindak kejahatan yang ia lakukan terhadap anaknya sendiri. Wanita bernama Maria del Carmen Garcia Rios itu dijatuhi hukuman penjara 30 tahun karena tega mencungkil mata putranya, Fernando, saat ritual pemujaan setan.

Pengadilan Meksiko memutuskan vonis tersebut setelah mendapatkan bukti kekejaman Maria, termasuk keterangan dari tersangka dan saksi soal kejadian tersebut.

Bagaimana kronologi kejadian itu? Ini dia.

5. Rekor: Lidah Terpanjang di Dunia

Pemuda 24 tahun dari California ini memiliki kelebihan yang tak banyak dimiliki orang. Yakni lidah dengan ukuran tak biasa.

Adalah Nick Stoeberl yang akhirnya memecahkan rekor dunia dengan lidah terpanjang. Namun ada sisi baik, ada juga sisi buruk sebagai penyandang Guinness Book of World Record ini.

"Saya bukan cuma bisa menjilat hidung saya, tapi juga sikut saya," kata Nick yang panjang lidahnya mencapai 10.1 cm.

Selain rekor dengan lidah terpanjang, ada juga rekor dunia lain yang tak kalah menarik. Apa saja? Nah ini dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.