Sukses

11-11-2004: Kematian Misterius Yasser Arafat

Hari itu, 11 November 2004, Yasser Arafat menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Militer Percy, Prancis. Kematian yang tak wajar.

Liputan6.com, Yerusalem - Hari itu, 11 November 2004, Yasser Arafat menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Militer Percy, Prancis. Dalam usia 75 tahun. Meski kematian adalah keniscayaan bagi semua makhluk bernyawa, namun hidup Presiden Palestina itu diduga direnggut paksa. Dengan racun.

Delapan tahun setelah Yasser Arafat dimakamkan, kematiannya dipersoalkan. Institut de Radiophysique di Lausanne, Swiss, atas permintaan media Al Jazeera, menemukan benda-benda pribadi yang biasa dipakai mantan pemimpin Palestina itu mengandung unsur radioaktif polonium. Di pakaian, sikat gigi, juga kafiyeh -- kain motif hitam putih yang setia terpasang di kepala Arafat.

Polonium merupakan radioaktif yang kerap digunakan untuk tenaga pesawat luar angkasa yang ditemukan Marie Curie  pada tahun 1898.

Jika seseorang menelan polonium-210, sekitar 50-90 persennya akan keluar melalui feses. Yang tertinggal akan masuk ke aliran darah.

Sekitar 40 persen polonium yang tertinggal akan masuk ke limpa, ginjal, dan liver. Sementara 10 persennya merasuk ke sumsum tulang. Radiasi keracunan polonium-210 terlihat seperti kanker stadium akhir.

Akibatnya, akan terjadi kerusakan liver dan ginjal, diikuti mual dan sakit kepala ekstrem. Korbannya kerap mengalami muntah, diare, dan kerontokan rambut. Kematian akan datang dalam hitungan hari, kadang-kadang dalam beberapa minggu.

Semua orang pendukung Arafat mulai dari istrinya sampai anggota PLO, juga Hamas, naik pitam mendengarnya. Janda Arafat, Suha Arafat meminta pemerintah menggali makam peraih Nobel Perdamaian itu untuk diteliti.

Anggota eksekutif PLO, Hanan Ashrawi mendukung upaya penyelidikan tersebut. "Kami yakin, wafatnya Presiden Arafat tidak wajar. Juga juga percaya harus ada investigasi forensik dan kriminal untuk membuktikannya," kata dia.

Hanan Ashrawi mengatakan, rakyat Palestina membutuhkan jawaban atas penyebab kematian Arafat, dan yang tak kalah penting, siapa yang bertanggungjawab.

Permintaan itu disetujui. "Tidak ada alasan religius ataupun politis yang dapat menghalangi kami untuk terus menyelidiki dugaan peracunan itu," kata juru bicara kepresidenan Palestina, Nabil Abu Rudeinah, Juli 2014.

Selain kematian tidak wajar Arafat, pada tanggal yang sama tahun 1973, Israel dan Mesir setuju untuk melaksanakan gencatan senjata. Perdamaian tersebut dicapai setelah kedua negara terlibat dalam pertempuran besar yang selalu dikenal dengan perang Yom Kippur.

Pada 11 November 1974, seorang aktor ternama dan berperan dalam sejumlah film box office seperti Titanic, Great Gatsby dan Blood Diamond lahir ke dunia. Dia adalah Leonardo Di Caprio. Pria berdarah Italia dan Jerman itu lahir di Los Angeles, California. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.