Sukses

Anjing Lucu Ini Bisa Deteksi Kanker

Tak hanya jadi teman menyenangkan untuk diajak bermain, anjing ini pun mampu mendeteksi kanker di tubuh manusia.

Liputan6.com, London- Tak hanya jadi teman menyenangkan untuk diajak bermain, anjing labrador bernama Daisy asal Inggris ini pun mampu mendeteksi kanker di tubuh manusia dengan mencium bau kulit, urin dan nafas. Kemampuan Daisy pun semakin dikembangkan oleh pemilik Daisy, Dr Claire Guest asal Inggris yang juga psikolog perilaku hewan beserta rekan-rekannya dalam Medical Detection Dogs bersama 12 anjing lain. Kini, Daisy telah mencium 6000 sample urin dan terdeteksi lebih dari 551 kasus kanker dengan akurasi 93 persen.

"Banyak kanker yang tidak dapat terdeteksi secara dini. Namun sel ganas menghasilkan perubahan senyawa yang mudah menguap. Senyawa ini dapat berada dalam urin. Anjing yang memiliki reseptor penciuman 300 juta sedangkan manusia hanya lima juta, mampu mengindentifikasi aroma senyawa tersebut meski dalam level serendah mungkin," jelas Claire sebagaimana dilansir melalui Daily Mail.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini