Sukses

Cara Membuat Lukisan Turki

Seorang seniman lukisan ala Turki bernama Garip Ay menunjukkan kebolehannya membuat lukisan dengan teknik Ebru.

Liputan6.com, Jakarta Seorang seniman lukisan ala Turki bernama Garip Ay menunjukkan kebolehannya membuat lukisan dengan teknik Ebru.

Ebru adalah seni melukis tradisional Islam dan Turki, dan dapat dijelaskan sebagai melukis pada permukaan air untuk kemudian dipindahkan ke kertas. Gaya melukis ini dikenal juga sebagai ‘marbling’.

Irina Suhanova, salah seorang penonton video viral tersebut dalam komentarnya mengatakan bahwa keahlian melukis seperti ini diajarkan oleh kaum shaman yang ritualnya serupa dengan proses penciptaan pola-pola di atas permukaan air. Karya-karya kaum shaman dengan pola ‘marbling’ yang telah berusia 2.500 tahun telah ditemukan di kawasan Altai, yaitu suatu kawasan yang berpegunungan di perbatasan Rusia, Kazakhstan, Tiongkok, dan Mongolia.

Kursus melukis dengan teknik Ebru ini ditawarkan juga oleh American Islamic College di kota Chicago di negara bagian Illinois di Amerika Serikat. (Alx/Liz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini