Sukses

Jokowi Dijamu Makan Malam Sultan Bolkiah

Sulatan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah mengatakan hubungan Indonesia-Brunei terjalin sejak lama sebagai saudara serumpun.

Liputan6.com, Bandar Seri Begawan - Presiden Joko Widodo atau Jokowi malam ini memenuhi undangan makan malam bersama Sultan Brunei Darussalam, Hassanal Bolkiah di Istana Nurul Iman, Bandar Seri Begawan. Tidak hanya dihadiri keluarga kerajaan, acara tersebut juga diikuti para duta besar negara-negara yang ada di Brunei Darussalam.

Pantauan Liputan6.com, Sabtu (7/2/2015), sebelum acara dimulai, lagu nasional Indonesia dan Brunei Darussalam dinyanyikan. Setelah itu, Sultan menyampaikan pidato sambutan untuk menghargai kedatangan Presiden Jokowi ke negaranya.

Dalam sambutannya, Bolkiah mengatakan hubungan persaudaraan antara Indonesia dengan Brunei telah terjalin sejak lama sebagai saudara serumpun. Dengan kedatangan Jokowi ke negaranya, Ia pun meyakini hubungan erat antara Indonesia dan Brunei semakin baik.

"Indonesia adalah jiran terdekat dengan negara Brunei, kedua negara telah ikati persahabatan, berdasarkan ikatan ulama, sejarah, budaya dan bangsa, ikatan ini tidak putus walau masa dan keadaan berubah. Lawatan ini akan terus mengerahkan lagi jalinan silaturahim, yang sudah terwujud," ujar Bolkiah, di Dewan Persantapan Diraja Istana Nurul Iman, Sabtu, (7/2/2015).

Bolkiah mengatakan, dalam kunjungan Jokowi ke Brunei, Pemerintah Indonesia dan Brunei telah melakukan pembicaraan bilateral, mengenai peningkatan kerja sama di beberapa bidang. Terutama dalam bidang ekonomi, ketenagakerjaan, dan upaya peningkatan investasi antar kedua negara.

"Kita berbicara di berbagai bidang, seperti pembangunan pabrik pupuk yang akan diperkukuhkan. Lalu meliputi kerja sama bidang ekonomi, tenaga kerja, pertahanan dan pendidikan, dan tentunya, akan adalagi bidang baru yang akan disusun selanjutnya, seperti  kerja sama bisa dalam kesehatan dan perdagangan," papar dia.

Selain Jokowi dan Ibunegara Iriana Jokowi, 2 anak Jokowi yaitu Kahiyang Ayu dan Kaesang Pangareb yang sejak awal mengikuti rangkaian kunjungan kenegaraan, juga ikut hadir dalam acara makan malam bersama Sultan Brunei itu. Beberapa menteri Kabinet Kerja, yakni Menteri Perekonomian Sofjan Jalil, Menteri Tenaga Kerja Hanif Dakhiri, dan Menteri Perdagangan Rahmat Gobel juga hadir dalam acara tersebut. (Rmn)

Video Terkini