Sukses

Begini Rancangan Bangunan Tahan Gempa

Suatu tayangan video memperagakan model bangunan tahan gempat menggunakan teknologi hidrolik.

Liputan6.com, Jakarta Suatu tayangan video memperagakan model bangunan tahan gempat menggunakan teknologi hidrolik. Perusahaan di Kanada, Teratec, melakukan perbandingan struktur bangunan yang dirancang dengan sistem peredam hidrolik dengan struktur lain yang tidak menggunakan peredam yang dimaksud.

Dalam laman resminya, perusahaan itu menjelaskan penggunaan ‘fluid viscoelastic dampers’. Peredam viskoelastis dijalaskan sebagai suatu peredam yang disesuaikan untuk mengendalikan getaran bagian-bagian suatu struktur, tanki, ataupun pipa, yang disebabkan oleh gempa atau terpaan angin dengan menghasilkan gaya reaksi yang sedikit ketika bagian struktur tergeser sebagai akibat deformasi panas terhadap bagian struktur itu maupun bagian yang terhubung dengannya.

Sifat viskoelastis itu dihasilkan menggunakan cairan dilatants yang tidak banyak meredam ketika ada gerakan yang lemah, namun meredam dengan kuat ketika pergeseran juga lebih kuat. (Alx/Liz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.