Sukses

Lebih dari 30 Pemimpin Asing Pastikan Kehadirannya di KAA

Peserta KAA di luar delegasi Indonesia berjumlah sekitar 3.600. Konfirmasi kehadiran akan terus bertambah.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) membeberkan siapa saja kepala/pemerintahan yang sudah mengonfirmasi akan hadir dalam Konferensi Asia-Afrika (KAA). Hajatan besar skala internasional tersebut akan dilaksanakan 19-24 April 2015 di Jakarta dan Bandung.

Kepala Sub Direktorat Kerjasama Intrakawasan Asia Pasifik Afrika, Ferdy Piay mengatakan seperti yang sudah mereka duga beberapa saat jelang KAA konfirmasi kepala negara/pemerintahan terus bertambah. Jumlahnya bahkan lebih dari 30 negara.

"Kepala Negara/Pemerintahan yang konfirmasi Brunei, Yordania, Swaziland, China, Korut, Iran, Madagaskar, Malawi, Myanmar, Namibia, Siera Leone, Afsel, Sudan, Timor Leste, Vietnam, Zimbabwe, Bangladesh, Kamboja, Mesir, Gabon, Malaysia, Nepal, Pakistan, Palestina, Rwanda, Singapura, dan Thailand,"  sebut Ferdy dalam konferensi pers mingguan di Kantor Kemlu, Kamis (16/4/2015).

Selain itu, Ferdy pun menyatakan sudah ada beberapa Wakil Kepala Negara/Pemerintahan yang juga mengonfirmasi kehadiran. Estimasi kehadirannya pun mencapai enam negara.

"Wakil kepala negara (pemerintahan) dari Aljazair, Angola, Liberia, Filipina, Sychless dan Zambia," sambung dia.

Pada kesempatan yang sama, Juru Bicara Kemlu Arrmanatha Nasir mengatakan pada KAA nanti Jakarta akan kedatangan banyak tamu dari Asia dan Afrika. Hal ini karena ribuan orang delegasi yang menyatakan hadir.

"Delegasi yang akan datang 1.870 per hari ini. Selain itu registasi untuk media 1.300-an dan pengusaha yang akan ikut Asia-Africa Buisnesses Summit 480 jumlah. Jadi peserta  KAA di luar delegasi Indonesia jumlahnya sekitar 3.600," ucap dia.

Arrmanatha menyebut jumlah tersebut belum menjadi angka final. Ia yakin konfirmasi kehadiran delegasi akan terus bertambah di hari-hari terakhir. (Ein)