Sukses

Memancing Ikan Pari yang Sedang Bertelur

Seekor ikan pari betina yang terkena pancing dibawa ke pantai dan melahirkan setidaknya dua ekor anak ikan pari.

Liputan6.com, Saint Augustine Seorang pria tidak sengaja memancing seekor ikan pari betina yang sedang akan bersalin. Dalam video YouTube unggahan akun rai martinez ini dikisahkan kejadian di pantai Saint Augustine di negara bagian Florida pada musim panas tahun lalu.

Dalam kejadian itu, seekor ikan pari betina yang terkena pancing dibawa ke pantai dan melahirkan setidaknya dua ekor anak ikan pari. Melihat keadaan itu, pria tersebut mencoba membantu proses persalinan dan kemudian mengembalikan induk itu menyusul anak-anaknya ke laut.

Mengacu kepada keterangan National Geographic, ikan pari lazimnya ditemukan di perairan dekat pantai di lautan bersuhu sedang. Ikan pari lebih sering membenamkan diri di dalam pasir dan bergerak menuruti irama gelombang laut. Walaupun mata ikan pari mencuat ke bagian atas tubuh pipihnya, keberadaan mulut dan insang ikan itu justru di bawah tubuhnya. Dengan demikian, para ilmuwan menduga mata ikan itu bukanlah terutama untuk berburu.

Suatu alat indra unik berada di dekat mulut ikan pari. Alat indra ini merasakan perubahan muatan listrik yang disebabkan oleh gerakan calon mangsanya. Dengan demikian, pengindra listrik yang dikenal dengan badan Lorenzini ini membantu ikan pari mencari mangsanya. Dengan bentuk badannya yang piph, gerakan berenang ikan pari meliputi kepakan ‘sayap’ untuk membantu pergerakan. Sementara itu, ekor ikan pari membantu mengarahkan tubuhnya sekaligus sebagai alat pertahanan diri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.