Sukses

Alat Canggih Pengubah Napas jadi Kata

Perangkat ini dapat mengubah napas Anda menjadi kata-kata. Canggih!

Liputan6.com, London - Para ilmuwan baru-baru ini berhasil mengembangkan sebuah perangkat yang dapat mengubah napas Anda menjadi kata-kata. Wow, canggih!

Dilansir dari Telegraph.co.uk, Kamis (3/9/2015), pada dasarnya sistem ini bisa mendeteksi perubahan pola pernapasan Anda. Dari sistem tersebut, dapat mengonversikan pola dalam kata melalui sitem pengenalan. Setelah itu, kata-kata yang muncul bisa dibaca menggunakan Speech Synthesizer.

Hal ini mengingatkan dengan sistem pidato yang digunakan oleh Stephen Hawking, di mana dia menggunakan komputer untuk berbicara atas namanya.

"Perangkat ini bisa membantu orang yang menderita kelemahan otot parah atau gangguan berkomunikasi," kata Consultant anaesthetist di Glenfield Hospital, Inggris, Atur Gaur.

Dengan perawatan intensif, teknologi ini memiliki potensi untuk diagnosis dini terhadap locked-in syndrome (LIS) yang memungkinkan pasien untuk berkomunikasi secara efektif dengan pernapasan. Sistem ini juga bisa mempelajari kata dari waktu ke waktu, sehingga Anda bisa memahami komunikasi dengan baik dan efektif.

Pencipta alat ini, Dr David Kerr dari Universitas Loughborough, bahkan mengklaim jika tingkat keberhasilan perangkat untuk bisa mengenali kata dan frase mencapai 97,5 persen. (Dsu/Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini