Sukses

Asyik Maraton, Perempuan Ini Diserang Beruang

Seorang perempuan yang tengah melakukan maraton diserang beruang betina.

Liputan6.com, New Mexico - Seorang wanita diserang beruang hitam ketika tengah lari maraton di taman nasional yang terletak di bagian utara New Mexico, Amerika Serikat (AS). Ia berhasil selamat, meski terluka.

Wanita yang tidak disebutkan namanya itu diserang oleh seekor beruang betina pada Sabtu 18 Juni lalu. Saat itu ia tengah berpartisipasi dalam ajang maraton Valles Caldera National Preserve yang berlangsung di dekat Los Alamos. Demikian seperti dilansir Telegraph, Senin (20/6/2016).

Ia disebut menderita luka gigitan dan goresan di kepala, leher, dan bagian tubuh atas. Namun kondisi tersebut tidak mengancam nyawanya.

Menurut seorang petugas, serangan itu terjadi ketika korban terkejut dengan kehadiran beruang yang tiba-tiba saja muncul di dekat pohon.

"Para pelari lainnya berusaha memberikan pertolongan sampai bantuan tambahan tiba dan korban langsung dilarikan ke rumah sakit di Albuquerque untuk mendapat perawatan," ujar petugas itu.

Pihak berwenang New Mexico mengatakan, tengah mencari beruang betina yang menyerang pelari tersebut. Jika ditemukan, beruang itu akan di eutanasia untuk diuji terkait dengan penyakit rabies.

Organisasi Konservasi Pembela Margasatwa menjelaskan, setidaknya terdapat 600.000 beruang hitam di Amerika Utara.

Departemen Perlindungan Margasatwa dan Perikanan New Mexico memberikan petunjuk dalam menghadapi serangan beruang. Jika bertemu dengan hewan berdarah panas itu, tetaplah tenang dan jangan langsung berlari.

Mundurlah secara perlahan-lahan sambil menghadap ke arah beruang, tapi hindari kontak mata langsung. Buat diri terlihat berani dan buat beruang memiliki ruang untuk melarikan diri.

Jika beruang menyerang, lakukan perlawanan dengan batu, tongkat, atau bahkan tangan kosong. Serang bagian dan hidung dan matanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini