Sukses

Kuil Bersejarah Mesir Selesai Direnovasi

Dua kuil bersejarah di Mesir, Karnak dan Ramses, selesai direnovasi dan kini terbuka untuk umum. Kedua kuil dipersiapkan untuk menarik wisatawan.

Liputan6.com, Abu Simbel: Setelah direnovasi, Kuil Karnak dan Ramses di wilayah Abu Simbel, Mesir, dibuka kembali untuk umum. Kedua kuil tadi terkenal di dunia karena memiliki banyak peninggalan sejarah. Renovasi kuil tersebut rampung berkat kerja keras para arsitek, arkeolog, dan ahli sejarah setempat. Untuk menjaga tingkat kelembaban, kedua kuil bersejarah ini dilengkapi sistem pencahayaan dan ventilasi khusus. Selain itu, untuk menarik wisatawan, suasana di dalam kuil akan dibuat seperti di zaman Mesir Kuno.

Sebagian besar renovasi Kuil Karnak dilakukan di ruangan Batu Merah yang banyak menyimpan artefak. Kuil Karnak ini, dihancurkan Raja Tohotmos II dengan alasan politis. Namun kuil tersebut, kini dapat digunakan masyarakat. Selain Karnak, Kuil Ramses, yang dibangun saat Raja Ramses II berkuasa dari 1304-1337 sebelum masehi, juga selesai diperbaiki. Untuk membangun kembali kuil yang terletak di tepi Danau Nasser ini, pemerintah Mesir meminta bantuan badan Perserikatan Bangsa-Bangsa UNESCO.(DEN/Nlg)
    Video Terkini